REVIEW JURNAL
Source: https://www.ilmubahasa.net/2017/04/cara-mereview-jurnal-yang-baik-dan-benar-terbaru-2017.html
Disalin www.ilmubahasa.net, Gudangnya Materi Ilmu Bahasa, Media Karya Sastra dan Informasi.
1. Melakukan review
pada jumlah halaman
Langkah yang pertama untuk melakukan review jurnal adalah dengan
Melakukan review pada jumlah halaman dimana kalian harus menerangkan
tetang jumlah halaman pada jurnal yang kalian review tersebut.
Terangkang sebanyak mungkin termasuk jenis kertas pada jurnal tersebut
agar bisa di nilai bahwa kamu teliti di lihat dosen.
Source: https://www.ilmubahasa.net/2017/04/cara-mereview-jurnal-yang-baik-dan-benar-terbaru-2017.html
Disalin www.ilmubahasa.net, Gudangnya Materi Ilmu Bahasa, Media Karya Sastra dan Informasi.
Source: https://www.ilmubahasa.net/2017/04/cara-mereview-jurnal-yang-baik-dan-benar-terbaru-2017.html
Disalin www.ilmubahasa.net, Gudangnya Materi Ilmu Bahasa, Media Karya Sastra dan Informasi.
Source: https://www.ilmubahasa.net/2017/04/cara-mereview-jurnal-yang-baik-dan-benar-terbaru-2017.html
Disalin www.ilmubahasa.net, Gudangnya Materi Ilmu Bahasa, Media Karya Sastra dan Informasi.
contoh jurnal ini telah di muat sebelumnya di http://utamitamii.blogspot.co.id/2012/03/contoh-review-jurnal.html
Review
Jurnal Intervensi Person-Centered Therapy
Judul
|
A Person-centered Approach to Studying the
Linkages among Parent–Child Differences in Cultural Orientation, Supportive
Parenting, and Adolescent Depressive Symptoms in Chinese American Families.
|
Jurnal
|
Journal Youth Adolescence
|
Volume & Halaman
|
Vol. 37, Hal. 36-49
|
Tahun
|
2008
|
Penulis
|
Scott
R. Weaver & Su Yeong Kim
|
Reviewer
|
SRI UTAMI HALMAN (1171040009)
|
Tanggal
|
24 Desember 2013
|
Tujuan Penelitian
|
Tujuan
utama dari penelitian ini adalah untuk memperoleh pemahaman yang lebih baik bagaimana
orientasi budaya Tionghoa, orang tua imigran dan anak-anak mereka dapat
berinteraksi untuk menghasilkan peningkatan gejala depresi di kalangan remaja
melalui lingkungan pengasuhan yang kurang mendukung.
|
Subjek Penelitian
|
Subjek
penelitian ini adalah 451 keluarga Amerika Cina yang berada di California
Utara berpartisipasi di penelitian masa sekarang. Remaja (53,8% perempuan) berusia
rata-rata 13 tahun (SD = 0,73) pada gelombang pertama dan 17,05 tahun (SD =
0.80) pada gelombang kedua. Anak-anak remaja yang terutama (75%) kelahiran
US. Kebanyakan orang tua (87% dari ayah, 90% dari ibu) yang kelahiran asing.
Rata-rata usia pada saat imigrasi adalah 30,45 tahun (SD = 10.03) untuk ayah dan
28,30 tahun (SD = 8.80) untuk ibu. Lama waktu di AS rata-rata 17,46 tahun (SD
= 9.73) untuk ayah dan 15,74 tahun (SD = 8.36) untuk para ibu. Mayoritas dari
kedua ayah (63,1%) dan ibu (68,4%) melaporkan mencapai sekolah tinggi atau
tingkat pendidikan yang lebih tinggi. Kisaran pendapatan tahunan keluarga
rata-rata adalah $30,001-$45,000, meskipun distribusi pendapatan ditunjukkan
variabilitas yang cukup besar, dengan 13% melaporkan kurang dari $15.000 dan
6,2% melaporkan lebih dari $105.000. Sebagian besar remaja (85%) tinggal
dengan kedua orang tua, dengan 10,7% hidup dengan hanya ibu mereka, 1,2%
hidup dengan hanya ayah mereka, dan remaja yang tersisa tinggal di konfigurasi
struktur keluarga lainnya.
|
Metode Penelitian
|
Metode yang digunakan dalam penelitian
ini adalah metode kuesioner. Kuesioner ini diberikan pada remaja dan orang
tua keturunan China Amerika.
|
Definisi Operasional Variabel Dependen
|
Variabel
dependen dalam penelitian ini adalah Adolescents’ cultural orientation (orientasi budaya remaja).
·
Tsai dan Chentsova (Weaver & Kim, 2008)
menyatakan bahwa mode diferensial dan tingkat akulturasi dapat mengakibatkan
perbedaan orangtua dan anak dalam budaya orientasi, yang didiartikan sebagai sejauh
mana individu dipengaruhi dan secara aktif terlibat dalam tradisi, norma, dan
praktik budaya tertentu.
·
Portes (Weaver & Kim, 2008) menjelaskan bahwa orang
tua imigran dan anak-anak mereka baik pengalaman kekuatan asimilasi,
anak-anak sering berasimilasi di tingkat yang lebih cepat dari orang tua
mereka, hak ini disebut dengan disonan akulturasi.
|
Cara & Alat Mengukur Variabel
Dependen
|
Cara dan alat yang digunakan untuk
mengukur variabel dependen yaitu:
·
Cara yang digunakan untuk mengukur variabel
dependen yaitu melakukan perekrutan untuk indikator remaja keturunan
Cina-Amerika. Penelitian dibagi dua gelombang, gelombang pertama pada tahun
2002 dan gelombang kedua 2006.
·
Alat yang digunakan dalam penelitian ini adalah
kuesioner. Kuesioner yang digunakan terdiri atas dua versi, yaitu versi
bahasa Inggris dan versi bahasa China.
|
Definisi Operasional Variabel
Independen
|
Variabel independen dalam penelitian
ini adalah person centered approach.
·
Pendekatan berpusat pada orang telah dianggap
mampu keuntungan untuk meneliti
tentang remaja dan keluarga (Bergman 2001;
Mandara 2003). Aspek utama dari pendekatan berpusat pada orang adalah
penekanan pada pemahaman terhadap individu
secara keseluruhan, bukan pada karakteristik
individu atau variabel itu sendiri. Kekuatan dari pendekatan berpusat pada
orang adalah kemampuannya untuk mengakomodasi non-linearities dan interaksi
yang tidak dapat dengan mudah terwakili dalam berpusat variabel model
(Bergman, 2001).
|
Langkah-langkah Terapi
|
Langkah-langkah yang digunakan dalam
proses penelitian ini adalah:
1.
Tahun 2002 dilakukan perekrutan di tujuh sekolah
menengah di daerah metropolitan utama California utara dengan bantuan dari
administrator sekolah (dipilih berdasarkan kriteria).
2.
Meminta persetujuan dari keluarga mengenai penelitian
tersebut.
3.
Peserta diberi paket kuesioner yang akan
dikumpulkan dua sampai tiga minggu setelah surat oleh staf penelitian
diterima peserta.
4.
Melakukan studi tingkat lanjut pada tahun 2006.
5.
Membagikan dua versi kuesioner kepada peserta,
yaitu kuesioner dalam bahasa China dan bahasa Inggris.
|
Hasil Penelitian
|
Secara
keseluruhan, hasil penelitian ini memberikan beberapa dukungan untuk gagasan
bahwa disonansi generasi berhubungan dengan dukungan orangtua dan tingkat
kebersamaan simtomatologi depresi. Secara umum, memiliki orangtua dengan
profil bicultural tampaknya paling menguntungkan jika remaja sama memiliki
profil bicultural. Hal yang perlu diperhatikan dalam penelitian ini bukan ibu
atau ayah bicultural, melainkan kombinasi dari sebuah biculturally orangtua dan remaja. Konfigurasi ini mungkin optimal,
karena melibatkan jarak minimal antara orangtua dan anak di kedua budaya
China dan Amerika saat masih berada pada lingkungan keluarga yang memiliki
aspek nilai-nilai budaya dan tradisi Cina serta sama dihargainya oleh orang
tua dan anak.
|
Kekuatan Penelitian
|
Kekuatan penelitian ini adalah alat
yang digunakan dalam penelitian berupa kuesioner cukup mudah digunakan oleh
subjek penelitian sehingga dalam pengambilan datanya tidak dibutuhkan waktu
yang lama seperti pada metode kualitatif.
|
Kelemahan Penelitian
|
Kelemahan penelitian ini adalah rentan
waktu penelitian yang digunakan pada wave
1 ke wave 2 cukup jauh, yaitu 4
tahun sehingga subjek yang dapat ikut pada wave 2 hanya 80%.
|
Comments
Post a Comment