LAPORAN KKN TEMATIK 45 UMMagelang KEL. 66 ( FEB / Akuntansi )



LAPORAN PELAKSANAAN KEGIATAN

KULIAH KERJA NYATA TEMATIK ANGKATAN 45
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAGELANG
TAHUN : 2018

                                      Kelompok                  : 66 ( Enam Puluh Enam )
                                      Dusun/RW                : Dalangan RW 08
                                      Desa/Kelurahan         : Kramat Utara
                                      Kecamatan                : Magelang Utara
                                      Kota/Kabupaten        : Kota Magelang

OPTIMALISASI PARIWISATA DI WILAYAH MAGELANG SEBAGAI PENDUKUNG KSPN BOROBUDUR

1.      Fajar Aji Widodo                          16.0504.0005
2.      Eri Ariantoro                                14.0102.0081
3.      Rudi Hermawan                           14.0101.0081
4.      Rizka Hidayati                              14.0101.0115
5.      Novi Puspitaningrum                   14.0102.0027
6.      Laelatul Latifah                            14.0201.0079
7.      Sholikhatun Nisa                           14.0305.0058
8.      Tsara Fadil Afifah                        14.0401.0002
9.      Nurbayani R                                 15.0405.0012
10.  Muhammad shaddam Al - ghozi 14.0101.0111

DIVISI PENGABDIAN PADA MASYARAKAT
LEMBAGA PENELITIAN, PENGEMBANGAN, DAN PENGABDIAN PADA MASYARAKAT
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAGELANG
2018

KATA PENGANTAR
Alhamdulillahi rabbil ‘alamin, puji syukur kehadirat Allah yang Maha Besar yang telah melimpahkan rahmatNya kepada kita sehingga kegiatan KKN Tematik angkatan 45 telah selesai dilaksanakan. Sholawat serta salam semoga tercurah kepada Nabi akhir zaman, Muhammad Saw. Yang kita nantikan syafa’atnya di yaumul qiyamah.
Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang diprogramkan oleh Universitas Muhammadiyah Magelang tahun ini adalah KKN Tematik dengan tema “Obtimalisasi Pariwisata di Wilayah Magelang Sebagai Pendukung KSPN Borobudur” yang telah dijadwalkan selama 30 hari, yaitu seminggu sebelumnya untuk observasi, dan selanjutnya realisasi program serta penyusunan laporan. Kegiatan KKN tematik angkatan 45 kelompok 66 tepatnya di Dusum Dalangan RW.08 Kelurahan Kramat Utara, Kecamatan Magelang Utara, Kota Magelang ini terdiri dari 10 personil yang terbagi dalam beberapa klaster, diantaranya adalah klaster Pendidikan, Sosial Humaniora, dan Sains & Teknologi.
Tak lupa pada kesempatan kali ini kami mengucapkan terimakasih kepada berbagai pihak yang telah membantu menyelesaikan KKN Tematik 45 ini. Ucapan terimakasih kami sampaikan kepada:
1.      Bapak Drs. Priyono selaku Camat Magelang Utara, Kota Magelang
2.      Bapak Drs. Sugeng Nurdiyanto selaku Lurah Kramat Utara
3.      Ibu Tyas, SH selaku Sekretaris Kramat Utara
4.      Bapak Tumijan selaku Ketua RW 08 Dalangan
5.      Bapak Ngadiman beserta keluarga selaku pemilik Posko
6.      Bapak Rohmad selaku sesepuh Kampung Dalangan
7.      Segenap Perangkat dan masyarakat RW 08 Dalangan pada khususnya maupun kelurahan Kramat Utara pada umumnya yang telah membimbing dan membantu dalam pelaksanaan program kerja, serta instansi yang memberi kemudahan dalam pelaksanaan KKN
8.      Bapak Ir. Eko Muh. Widodo, ST., MT. Selaku Rektor Universitas Muhammadiyah Magelang
9.      Ibu Heni Setyowati E.R, S. Kep, M. Kes selaku kepala LP3M Universitas Muhammadiyah Magelang selaku Panitia Pelaksana KKN
10.  Ibu Drs. Retno Rusdjijati, M. Kes selaku Ketua Panitia kegiatan KKN tematik 45
11.  Bapak Drs. Arie Supriyatno, Msi selaku Dosen Pembimbing Lapangan, terima kasih banyak atas segala masukan, kritik dan saran yang Bapak berikan kepada kami
12.  Seluruh teman-teman mahasiswa KKN Universitas Muhammadiyah Magelang yang memberi inspirasi dan kerjasamanya dalam menjalankan kegiatan
13.  Kepada keluarga yang telah memberikan dukungan moral dan material yang tidak terhingga kepada kami
14.  Kepada keluarga yang telah memberikan dukungan moral dan material yang tidak terhingga kepada kami
15.  Dan Semua pihak yang tidak dapat disebutkan satu persatu yang telah membantu dalam terselenggaranya kegiatan KKN Tematik ini
Program KKN Tematik memberikan keterampilan dan semangat bagi mahasiswa dalam menyusun, merencanakan dan melaksanakan program-program pengembangan dan pembangunan sehingga akan menjadi bekal masa depan, sebagai pemimpin maupun sebagai anggota masyarakat.



DAFTAR ISI

HALAMAN PENGESAHAN................................................................................ ii
KATA PENGANTAR........................................................................................... iii
DAFTAR ISI........................................................................................................... v
4.      Laporan Pelaksanaan Kegiatan Eri Ariantoro.............................................. 18
5.      Laporan Pelaksanaan Kegiatan Rudi Hermawan......................................... 31
6.      Laporan Pelaksanaan Kegiatan Rizka Hidayati........................................... 43
7.      Laporan Pelaksanaan Kegiatan Novi Puspitaningrum................................. 57
8.      Laporan Pelaksanaan Kegiatan Laelatul Latifah......................................... 72
9.      Laporan Pelaksanaan Kegiatan Sholikhatun Nisa........................................ 87
10.  Laporan Pelaksanaan Kegiatan Tsara Fadil Afifah.................................... 101
11.  Laporan Pelaksanaan Kegiatan Nurbayani R............................................. 114
12.  Laporan Pelaksanaan Kegiatan Muhammad  Shaddam Al – ghozi........... 131


PELAKSANAAN KKN TEMATIK

1.      Monografi Desa dan Dusun/RW
1)      Letak Geografis
Kelurahan Kramat Utara terletak di Kecamatan Magelang Utara Kota Magelang Provinsi Jawa Tengah. Adapun batas administratif Kelurahan Kramat UtaraKecamatan Magelang Utara Kota Magelang yaitu:
·      Sebelah Utara      :   Kel. Jambewangi Kec. Secang, Kab Magelang
·      Sebelah Selatan    :   Kramat Selatan Kec. Magelang Utara
·      Sebelah Barat       :   Rejosari Kec. Bandongan Kabupaten Magelang
·      Sebelah Timur      :   Kedungsari Kec. Magelang Utara
Ditinjau dari jarak transportasi kepusat pemerintahan, Kelurahan, Kramat Utara mempunyai jarak:
·      Jarak ke kantor Kecamatan Magelang Utara : ± 2Km
·      Jarak ke kantor Pemerintah Kota Magelang : ± 7 Km
·      Jarak ke kantor Provinsi Jawa Tengah : ± 70
2)      Luas Lahan dan Penggunaan Lahan
Kelurahan Kramat Utara meliputi areal seluas 99,87 hektar, terdiri dari lahan sawah 4 Ha (0,04%) dan lahan darat 99,83 Ha (99,06%) Perbandingan lahan sawah dan lahan darat sangat besar, hal ini menandakan bahwa Kramat Utara merupakan kelurahan yang dominan pemukiman.
3)      Jumlah Penduduk
Jumlah Penduduk : 4964 Jiwa, 1528 KK
a.       Laki-laki                             :    2450 Jiwa
b.      Perempuan                          :    2519 Jiwa
c.       Usia 0 – 15                         :    1123 Jiwa
d.      Usia 1664                       :    3598 Jiwa
e.       Usia 60  ke-atas                  :      243 Jiwa
4)      Mata Pencaharian
Pekerjaan/Mata Pencaharian
Pekerjaan/Mata Pencaharian Usia 10 Tahun Keatas              
a.       Karyawan :                                                  
1)         Pegawai Negeri Sipil                     :             446  orang
2)         TNI                                                :             116  orang
3)         POLRI                                          :                24 orang
4)         Swasta                                           :              815 orang
5)         BUMN                                          :                33 orang
6)         BUMD                                          :                  3 orang
7)         Honorer                                         :                14 orang
8)         Perawat                                         :                39 orang
9)         Pensiunan                                      :              178 orang
b.      Dokter                                                    :              18  orang
c.       Guru                                                       :               74 orang
d.      Dosen                                                     :                 4 orang
e.       Wiraswasta                                             :             346 orang
f.       Pedagang                                                :               13 orang
g.      Perdagangan                                           :               21 orang
h.      T a n i                                                      :                 5 orang
i.        Pertukangan                                            :                 0 orang
j.        Buruh Tani                                              :                 2 orang
k.      Buruh Harian Lepas                               :             109 orang
l.        Buruh Nelayan                                       :                 2 orang
m.    Mengurus Rumah Tangga                      :            658 orang
n.      Pelajar/Mahasiswa                                  :           1271 orang
o.      Anggota DPRD                                      :                 1 orang
p.      Belum/TidakBekerja                               :             199 orang
q.      Bidan                                                      :                 3 orang
r.        Pembantu Rumah Tangga                      :                 1 orang
s.       Pendeta                                                   :                 3 orang
t.        Penata Rambut                                       :                 1 orang
u.      Sopir                                                       :                 1 orang
v.      Penyiar Radio                                         :                 1 orang
w.    Wartawan                                               :                 1 orang
x.      Psikiater/psikolog                                   :                 1 orang
y.      Pelaut                                                      :                 1 orang
z.       Mekanik                                                  :                 1 orang

2.      Hasil Identifikasi Permasalahan

Tabel 1. Identifikasi Permasalahan
No.
Permasalahan
Lokasi
Sumber Data (P/M/D)
1.
UMKM yang cukup potensial namun belum ada legalitas.
RW 08
P/M
2.
Produk UMKM belum dikemas dengan kemasan yang menarik
RW 08
M
3.
Produk UMKM belum di pasarkan secara massif baik secara offline maupun online
RW 08
M
5.
Belum ada sistem pembukuan yang baik atas UMKM yang dikembangkan
RW 08
M
6.
Banyak lahan kosong yang tidak dimanfaatkan dengan baik
RW 08
M
7.
Sarana ibadah yang masih kurang baik
RW 08
M
8.
Pembukuan dana iuran desa kurang teratur
RW 08
M
9.
Sistem informasi yang minim
RW 08
M
10.
Bank sampah belum di mafaatkan secara penuh
RW 08
M
11.
UMKM masih terkendala modal
RW 08
M
12.
Produksi produk UMKM belum stabil
RW 08
M
13.
Harga Produk UMKM masih terlalu mahal dibandingkan produk sejenis yang diproduksi pabrik makanan/minuman dalam kemasan
RW 08
M
14
Banyak tempat yang belum tertata rapi dan cukup mengganggu pemandangan
RW 08
M
15
Batas wilayah lingkungan antar RT dan antar RW masih belum jelas
RW 08
M
16
Identitas sebagai Kampung Lidah Buaya masih kurang kuat
RW 08
M
17
Remaja Masjid kurang berjalan
RW 08
M
18
Kegiatan TPA di Masjid hanya dilaksanakan ketika Bulan Ramadhan
RW 08
M
19
Faktor turunnya semangat belajar adalah Broken Home
RW 08
M
20
Kegiatan kebersihan lingkungan tiap pekan tidak berjalan
RW 08
M
21
kegiatan belajar bersama di lingkungan masyarakat belum maksimal
RW 08
M
22
Lingkungan RW 08 di identikkan menjadi kampung Kumuh
RW 08
P
23
Monografi Penduduk belum ada
RW 08
M
24.
Kesadaran partisispasi remaja akan aktivitas sosial keagamaan dalam menunjang kemajuan Masjid masih rendah
RW 08
M
25.
Sistem informasi yang minim
RW 08
M
26.
Monografi Penduduk belum ada
RW 08
P
27.
Pembukuan dana iuran desa kurang teratur
RW 08
M
28.
Sarana untuk olahraga belum tertata
RW 08
M
29.
Variasi dan diverfikasi produk Lidah Buaya
RW 08
M
30.
Kurangnya pemahaman tentang pariwisata
RW 08
M
31
Belum ada sosialisasi tentang bahaya penyalahgunaan narkoba
RW 08
M
32.
Penggunaan gadget yang berlebihan pada anak usia SD
RW 08
M
33.
Masih rendahnya motivasi belajar bagi siswa
RW 08
M
34.
Pengetahuan anak tentang pariwisata di kota magelang masih minim
RW 08
M
35.
Belum adanya tenaga pengajar di TPQ
RW 08
M
36.
Kurangnya pelatihan kegiatan keagamaan di lingkungan TPQ
RW 08
M








Keterangan
P : Perangkat Desa
M : Masyarakat
D : Dinas Instansi Vertikal/Stakeholder
LAPORAN PELAKSANAAN KEGIATAN (INDIVIDU)

KULIAH KERJA NYATA TEMATIK ANGKATAN 45
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAGELANG
TAHUN : 2018

Kelompok          : 66 ( Enam Puluh Enam )
Dusun/RW         : Dalangan RW 08
Desa/Kelurahan  : Kramat Utara
Kecamatan         : Magelang Utara
Kota/Kabupaten : Kota Magelang

OPTIMALISASI PARIWISATA DI WILAYAH MAGELANG SEBAGAI PENDUKUNG KSPN BOROBUDUR



Eri Ariantoro
14.0102.0081


DIVISI PENGABDIAN PADA MASYARAKAT
LEMBAGA PENELITIAN, PENGEMBANGAN, DAN PENGABDIAN PADA MASYARAKAT
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAGELANG
2018

A.    Prioritas Pemilihan Permasalahan
Tabel 1 : Prioritas Pemilihan Permasalahan
No.
Permasalahan
Alasan Pemilihan
1.
UMKM belum berjalan sebagaimana mestinya
·      UMKM yang sudah ada sulit berkembang karena terkendala modal.
·      Belum adanya pembukuan yang menyebabkan mendapatkan investor.
·      Harga produk UMKM yang relative mahal mengindikasikan belum ada perhitungan biaya produksi yang baik sehingga produk tidak dapat bersaing di pasaran.
2.
Pembukuan dana iuran desa belum teratur
Perlu ada sistem pembukuan dengan menekankan pada pembenahan dokumen transaksi untuk mencegah kecurangan.
3.
Belum ada tanda batas antar wilayah RT dan RW
Perlu di buat batas antar RT dan RW agar masyarakat lebih memerhatikan lingkungan / wilayah yang menjadi tanggung jawabnya.
4.
Pencanangan wilayah Kelurahan Keramat Utara sebagai kampung lidah buaya masih belum terbukti
Pencanangan lingkungan dalangan sebagai kampong lidah buaya perlu digalakan secara serius untuk menarik pengunjung.
5.
Fasilitas olahraga belum memadai
Pembenahan fasilitas olahraga sebagai sarana untuk mengisi waktu dengan hal-hal yang positif dan sebagai tempat warga bersosialisasi.

B.     Rencana Program KKN Tematik

No
No. Sektor
Nama Program
Bahan
Volume
Sumber Dana
1.
SH. A. 3
Bimbingan teknis produksi usaha kecil
Modul pelatihan, Alat dan bahan produksi, ATK.
5
Swadaya Masyarakat dan Mahasiswa
2.
SH. A. 1
Perintisan pembentukan koperasi
Modul pelatihan, ATK,
1
Swadaya Masyarakat dan Mahasiswa
3.
SH. C. 3.
Pelatihan peningkatan administrasi desa/dusun
Modul pelatihan,
ATK
5
Swadaya Masyarakat dan Mahasiswa
4.
P. E. 9
Pembuatan batas antar wilayah RT dan RW.
Kayu, Plat Besi,  Cat,

5
Swadaya Masyarakat dan Mahasiswa
5.
SH. B.1
Pengembangan destinasi wisata
Cat, Tanaman,
3
Swadaya Masyarakat dan Mahasiswa
6.
SH. B.5
Pembenahan sarana olahraga
Pasir, semen
1
Swadaya masyarakat dan Mahasiswa
C.    Realisasi Program
Tabel 3. Realisasi program kegiatan KKN Tematik
No.
Jenis Program
Nama Program
Capaian Kegiatan
Sumber Dana
Waktu (Jam)
1
Program Pokok
Bimbingan teknis produksi usaha kecil
1.    Kegiatan inti diikuti oleh 25 peserta yang terbagi dalam 5 sesi penyuluhan dg perincian:
· Pertemuan I    ( 5 Jam x 5 org)
· Pertemuan II  (26 Jam x 5 org)
· Pertemuan III ( 4 Jam x 5 org)
· Pertemuan IV ( 6 Jam x 5 org)
· Pertemuan V  ( 5 Jam x 5 org)
2.    Kegiatan yang dilakukan meliputi:
·      sosialisasi program awal,
·      Persiapan alat dan bahan,
·      Pembuatan produk,
·      Penyuluhan pencatatan biaya produksi serta pembuatan pembukuan.
3.    Capaian Program Kerja Ini adalah pelaku UMKM sudah bisa menghitung biaya produksi yang dikeluarkan secara lebih akurat sehingga bisa menerapkan harga yang sesuai.
Mahasiswa: Rp 70.000
Swadaya :  Rp 383.000
65

2
Program Pokok
Perintisan pembentukan koperasi
1.    Kegiatan inti dilaksanakan selama 2 jam diikuti oleh 25 peserta Warga RT.002 .
2.    Kegiatan yang dilakukan meliputi:
·      sosialisasi program awal,
·      Persiapan mencari materi dan membuat Power Point,
·      Sosialisasi perintisan pembentukan koperasi
·      Melaporkan hasil perintisan pembentukan koperasidi RT. 002..
3.    Capaian program kerja ini adalah masyarakat sepakat untuk mengadakan iuran wajib untuk simpan pinjam tanpa agunan pada lingkungan RT. 002.
Mahasiswa: Rp 9.000
Swadaya :    Rp 184.000
11
3
Program Pokok
Pelatihan peningkatan administrasi desa/dusun
1.    Kegiatan inti diikuti oleh 100 peserta yang terbagi dalam 4 sesi penyuluhan dg perincian:
· Pertemuan I    (2 Jam x 25 org)
· Pertemuan II  (2 Jam x 25 org)
· Pertemuan III (2 Jam x 25 org)
· Pertemuan IV (2 Jam x 25 org)
2.    Kegiatan yang dilakukan meliputi :
· Sosialisasi program kerja awal.
· Persiapan (mencari materi dan membuat power point)
· Pelatihan peningkatan administrasi desa / dusun
· Pembuatan buku administrasi
· Penyerahan buku administrasi
3.    Capaian program kerja ini adalah:
Administrasi uang masuk dan keluar di masing masing RT serta di tingkat RW sudah lebih tertata dengan diberikanya buku kas yang lebih mudah digunakan.
Mahasiswa: Rp 140.000
Swadaya :  Rp 258.000
46
4
Program Pokok
Pembuatan batas antar wilayah RT dan RW.
a.    Kegiatan inti dlaksanakan selama 6 jam dengan 5 tempat kegiatan  dengan rincian:
· RT I-II     ( 6 Jam x 4 Org )
· RT II-III  ( 6 Jam x 4 Org )
· RT III-IV ( 6 Jam x 4 Org )
· RT  IV-V ( 6 Jam x 4 Org )
· RW VIII-RW VII (7 Jam x 4Org)
b.    Kegiatan yang dilakukan meliputi :
· Sosialisasi program kerja awal.
· Persiapan ( mencari alat dan bahan )
· Pemotongan Seng 
· Pengecoran Kayu
· Pengecatan seng dan kayu
· Perangkaian dan pemasangan batas wilayah.
· Laporan hasil pembuatan batas antar wilayah
c.    Capaian program kerja ini adalah:
Batas antar wilayah RT dan RW menjadi lebih jelas dengan adanya plang batas wilayah tersebut. masyarakat lebih tahu wilayah yangmenjadi tanggung jawab dalam menjaga lingkungan di sekitarnya.
Mahasiswa: Rp 141.000
Swadaya:     Rp 167.000
67
5
Program Pokok
Pengembangan destinasi wisata
1.    Kegiatan inti program kerja ini dilaksanakan selama 45 Jam dengan melibatkan 132 Orang dengan rincian:
·  Tahap I    ( 24 Jam X 45 Org )
·  Tahap II   ( 11 Jam X 49 Org )
·  Tahap III  ( 8   Jam X 35 Org)
2.    Kegiatan yang dilakukan meliputi:
· Koordinasi dengan karang taruna
· Persiapan (mencari alat dan bahan)
· Pengecatan jalan kampung (Warna-warni)
· Penanaman pohon lidah buaya
· Penataan pohon lidah buaya di sepanjang jalan
3.    Capaian program kerja ini adalah:
Sepanjang jalan kampung terlihat pohon lidah buaya yang tertata rapi di sisi kanan dan kiri. Identitas kampung lidah buaya lebih terlihat, pencanangan kampung dalangan sebagai kampung lidah buaya semakin nyata.
Mahasiswa: Rp 154.000
Swadaya:     Rp 400.000
59
6
Program Pokok
Pembenahan sarana olahraga
1.    Kegiatan inti program kerja ini dilaksanakan selama 34 Jam dengan melibatkan 110 Orang
2.    Kegiatan yang dilakukan meliputi:
· Sosialisasi awal program kerja
· Persiapan (mencari alat dan bahan)
· Koordinasi teknis pengerjaan dengan karang taruna
· Plester dinding tempat olah raga
· Pembuatan papan score
· Uji kelayakan sarana olahraga
3.    Capaian program kerja ini adalah:
Dinding yang tempat olahraga sudah di plester sehingga lebih layak digunakan. Di sertai papan score baru sebagai pendukung.
Mahasiswa: Rp 248.000
Swadaya:     Rp 377.000
42
Keterangan : Tabel ini hanya untuk program pokok
D.    Pembahasan
1.      Realisasi program kerja
No
Program rencana (LRK)
Realisasi
Status
1.
Bimbingan teknis produksi usaha kecil
·       Pembuatan produk,
·       Penyuluhan pencatatan biaya produksi serta pembuatan pembukuan.
Terlaksana

2.
Perintisan pembentukan koperasi
·       Sosialisasi perintisan pembentukan koperasi
Terlaksana

3.
Pelatihan peningkatan administrasi desa/dusun
·       Pelatihan peningkatan administrasi desa / dusun
·       Pembuatan buku administrasi
Terlaksana

4.
Pembuatan batas antar wilayah RT dan RW.
·       Perangkaian dan pemasangan batas wilayah.
Terlaksana

5.
Pengembangan destinasi wisata
·       Pengecatan jalan kampung (Warna-warni)
·       Penanaman pohon lidah buaya
·       Penataan pohon lidah buaya di sepanjang jalan
Terlaksana

6.
Pembenahan sarana olahraga
·       Plester dinding tempat olah raga
·       Pembuatan papan score
Terlaksana

2.      Kesesuaian Rencana Program kerja

No
Program rencana (LRK)
Tanggal Rencana Kegiatan
Tanggal Pelaksanaan Kegiatan
Status
1.
Bimbingan teknis produksi usaha kecil
3,4,17,18,24 Maret 2018
3,4,17,18,24 Maret 2018
Terlaksana

2.
Perintisan pembentukan koperasi
6 Maret 2018
6 Maret 2018
Terlaksana

3.
Pelatihan peningkatan administrasi desa/dusun
27 Februari 2018 ,4,6,10,20 Maret 2018
27 Februari 2018 ,4,6,10,20 Maret 2018
Terlaksana

4.
Pembuatan batas antar wilayah RT dan RW.
25,27 Februari 2018 ,11,17,18 Maret 2018
25,27 Februari 2018 ,11,17,18 Maret 2018
Terlaksana

5.
Pengembangan destinasi wisata
25 Februari 2018 ,4,18 Maret 2018
25 Februari 2018 ,4,18 Maret 2018
Terlaksana

6.
Pembenahan sarana olahraga
23 Maret 2018
23 Maret 2018
Terlaksana







3.      Uraian kegiatan
1.      Bimbingan teknis produksi usaha kecil
Program kerja ini di  laksanakan pada tanggal 3,4,17,18,24 Maret 2018 sesuai dengan  rencana pelaksanaan program yang telah disusun. Program kerja ini direalisasikan dengan kegiatan pembuatan produk UMKM seperti:
a.       Tahu bakso Aloevera
b.      Permen Aloevera
c.       Teh Tarik Aloevera
d.      Nata de Aloevera
e.       Cistik Aloevera
Pelatihan pembuatan produk UMKM di atas disertai dengan pelatihan pencatatan biya produksi untuk mengetahui biaya yang dikeluarkan untuk membuat suatu produk tersebut secara lebih akurat sehingga pelaku UMKM dapat menetapkan harga atas produk secara lebih sesuai.
Pelatihan dilakukan di Rumah Ketua RW yang dihadiri oleh pelaku UMKM sebanyak 5-8 orang setiap sesi. Semua bahan yang digunakan praktek disediakan oleh peserta pelatihan sedangkan mahasiswa hanya menyediakan buku pencatatan serta mencatat biaya produksi.
Setelah pelatihan peserta UMKM menjadi tahu pentingnya pencatatn biaya produksi sehingga dengan semangat akan melanjutkan pencatatan biaya produksi setiap produksi produk dilakukan.
2.      Perintisan pembentukan koperasi
Progran kerja ini dilaksanakan pada tanggal 6 Maret 2018 sesuai dengan tanggal rencana pelaksanaan yang sudah di susun. Program perintisan pembetukan koperasi dilaksanakan di rumah warga berbarengan dengan pertemuan rutin ibu-ibu PKK warga RT 002.
Program kerja ini dijalankan dalam  acara sosialisasi dan diskusi pentingnya menabung serta dasar hukum kresit syariah. Program kerja ini melibatkan ibu-ibu PKK RT.002. Kegiatan sosialisasi dilaksanakan selama 2 jam yang menghasilkan kesepakatan untuk diadakan tabungan wajib dan pinjaman tanpa agunan.
Program kerja perintisan pembentukan koperasi di awali dengan sosialisasi program awal, bernegosisasi waktu dan tempat pelaksanaan dengan pengurus PKK, pencarian materi sosialisasi dan pembuatan power point, pelaksanaan sosialisasi serta diskusi, dengan laporan hasil perintisan pembentukan koperasi.
3.      Pelatihan peningkatan administrasi desa/dusun
Program kerja ini dilaksanakan pada tanggal 27 Februari 2018, 4,6,10 dan 20 Maret 2018 sesuai dengan tanggal rencana kegiatan yang telah disusun. Program peningkatan administrasi desa/dusun dilakukan dengan cara berdiskusi dengan para pengurus RT dan RW serta masyarakat untuk membuat sistem pencatatan yang lebih terstruktur. Sosialisasi dilakukan di Rapat RT 002, RT 003, RT 004, RT, 005 serta Rapat RW 008.
Selanjutnya mahasiswa membuat buku administrasi baru untuk memperbaiki buku administrasi yang sudah ada. Setelah buku di buat maka diserahkan pada para pengurus administrasi pada tingkat RT dan RW di wilayah Kampung Dalangan.
4.      Pembuatan batas antar wilayah RT dan RW
Program kerja ini dilaksanakan pada tanggal 25,27 Februari 2018 ,11,17 dan 18 Maret 2018 sesuai dengan tanggal rencana kegiatan yang telah disusun. Program pembuatan batas antar wilayah RT dan RW dilaksanakan dengan mebuat plang petunjuk batas serta peta desa. Kegiatan ini melibatkan pemuda RW 008 dan mahasiswa KKN meliputi pemotongan seng talang, pengecoran kayu, pengecatan papan penunjuk, perangkaian dan pemasangan plang batas antar wilayah RT dan RW.
Pelaksanaan program kerja ini diawali dengan sosialisasi program kerja awal kepada masyarakat, dilanjutkan dengan pencarian alat dan bahan, pemotongan seng talang, pengecoran tiang kayu, perangkaian plang penunjuk sampai pemasangan plang penunjuk ditempat yang telah dipersiapkan. Pencapaian program kerja ini adalah masyaarakat menjadi lebih mengerti batas yang menjadi tanggung jawabnya dalam menjaga lingkungan baik dari segi kebersihan maupun keamanan.
5.      Pengembangan destinasi wisata
Program kerja ini dilaksanakan pada tanggal 25 Februari 2018 ,4,18 Maret 2018 sesuai dengan rencana pelaksanaan program yang telah disusun sebelumnya. Program kerja ini di awali dengan sosialisasi program awal, dilanjutkan dengan koordinasi dengan warga dan karang taruna, dilanjutkan dengan kerja bakti untuk menata kampung.
Program pengambangan destinasi wisata direalisasikan dengan pengecatan jalan di sisi kanan dan kiri yang di cat dengan warna-warni sehingga menjadikan kesan bersih dan ceria. Kegiatan lain yang mendukung program kerja ini adalah menanam pohon lidah buaya serta menatanya di sepanjang jalan Kampung Dalangan untuk menegaskan sebagai kampung lidah buaya.
Program kerja ini melibatkan melibatkan sebagian besar warga Kampung Dalangan dan Karang Taruna yang secara bersama sama mengadakan kerja bakti untuk menata kampung. Pencapaian program kerja ini adalah pencanangan kampung Dalangan sebagai kampung lidah buaya lebih terlihat realisaasinya dengan adanya tanaman lidah buaya di sisi kiri dan kanan jalan.
6.      Pembenahan sarana olahraga
Program kerja pembenahan sarana olah raga dilaksanakan  pada tanggal 23 Maret 2018 sesuai dengan program kerja yang telah disusun. Program pembenahan sarana olahraga diawali dengan sosialisasi program awal, dilanjutkan persiapan alat dan bahan, dilanjutkan dengan pelaksanaan program pembenahan sarana olahraga yang direalsasikan dengan membenahi sarana pingpong dengan wujud plester dinding serta pembuatan papan score yang baru.
Program kerja ini adalah kerja sama antara mahasiswa KKN yang memberikan Sumber daya dalam bentuk pasir dan semen dan warga yang melaksanakan pembangunan sarana olah raga. Pencapaian program kerja ini adalah sarana olahraga menjadi lebih baik dan lebih layak dari sebelumnya. Masyarakat menjadi lebih peduli dengan asset desa yang dimiliki.
E.     Kesimpulan Dan Saran
1.      Kesimpulan
Berdasarkan kegiatan-kegiatan program kerja yang telah terlaksana maka dapat disimpulkan sebagai berikut:
a.       Program kerja yang telah direncanakan telah di realisasikan dengan maksimal meskipun jadwal pelaksanaanya tidak seluruhnya sesuai/ Hal tersbut karena mengikuti perubahan jadwal karena penyesuaian kondisi dan situasi lingkungan.
b.      Dukungan wakga masyarakat dalam bentuk materi maupun nonmateri terhdap program kerja yang dilakukan sangat membantu keberhasilan program kerja yang dilaksanakan.
c.       Mahasiswa belajar bersosialisasi, beradaptasi, serta bersikap dalam hidup bermasyarakat dengan menjunjung norma yang berlaku pada daerah tersebut.
2.      Saran
a.       Bagi masyarakat RW.008, Kampung Dalangan, Kelurahan Kramat Utara.
Masyarakat diharapkan dapat mengembangkan program kerja yang telah dilaksanakan oleh mahasiswa KKN di Kampung Dalangan sehingga program kerja yang telah dilaksanakan ada keberlanjutan dan membuat lingkungan menjadi lebih baik.
b.      Bagi mahasiswa
1)      Mahasiswa diharapkan dapat berkomunikasi dengan baik antar anggota kelompok kkn serta dengan masyarakat tempat KKN dilaksanakan
2)      Mahasiswa diharapkan lebih disiplin dan bertanggung jawab dalam menjalankan tugasnya.
c.       Untuk mahasiswa KKN berikutnya
1)      Mahasiswa KKN yang berikutnya diharapkan mampu untuk menagkap permasalahan di daerah KKN untuk dapat menerapkan program yang sesuai untuk daerah tersebut.
2)      Mahasiswa KKN yang berikutnya diharapkan mampu berkomunikasi dengan baik antar mahasiswa yang menjadi rekan KKN dan juga masyarakat daerah KKN untuk mensukseskan program kerja yang akan dilaksanakan.

Comments

Popular posts from this blog

STANDAR AKUNTANSI

MAKALAH HAJI