LAPORAN KKN TEMATIK 45 UMMagelang KEL. 66 ( FEB / Akuntansi )
LAPORAN
PELAKSANAAN KEGIATAN
KULIAH
KERJA NYATA TEMATIK ANGKATAN 45
UNIVERSITAS
MUHAMMADIYAH MAGELANG
TAHUN
: 2018
Kelompok
: 66 ( Enam Puluh Enam )
Dusun/RW : Dalangan RW 08
Desa/Kelurahan : Kramat Utara
Kecamatan : Magelang Utara
Kota/Kabupaten : Kota Magelang
OPTIMALISASI PARIWISATA
DI WILAYAH MAGELANG SEBAGAI PENDUKUNG KSPN BOROBUDUR
1.
Fajar Aji Widodo 16.0504.0005
2.
Eri Ariantoro 14.0102.0081
3.
Rudi Hermawan 14.0101.0081
4.
Rizka Hidayati 14.0101.0115
5.
Novi Puspitaningrum 14.0102.0027
6.
Laelatul Latifah 14.0201.0079
7.
Sholikhatun Nisa 14.0305.0058
8.
Tsara Fadil Afifah 14.0401.0002
9.
Nurbayani R 15.0405.0012
10.
Muhammad shaddam Al -
ghozi 14.0101.0111
DIVISI PENGABDIAN PADA
MASYARAKAT
LEMBAGA PENELITIAN,
PENGEMBANGAN, DAN PENGABDIAN PADA MASYARAKAT
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH
MAGELANG
2018
KATA
PENGANTAR
Alhamdulillahi rabbil ‘alamin, puji syukur kehadirat
Allah yang Maha Besar yang telah melimpahkan rahmatNya kepada kita sehingga
kegiatan KKN Tematik angkatan 45 telah selesai dilaksanakan. Sholawat serta
salam semoga tercurah kepada Nabi akhir zaman, Muhammad Saw. Yang kita nantikan
syafa’atnya di yaumul qiyamah.
Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang diprogramkan oleh
Universitas Muhammadiyah Magelang tahun ini adalah KKN Tematik dengan tema
“Obtimalisasi Pariwisata di Wilayah Magelang Sebagai Pendukung KSPN Borobudur”
yang telah dijadwalkan selama 30 hari, yaitu seminggu sebelumnya untuk
observasi, dan selanjutnya realisasi program serta penyusunan laporan. Kegiatan
KKN tematik angkatan 45 kelompok 66 tepatnya di Dusum Dalangan
RW.08 Kelurahan Kramat Utara, Kecamatan Magelang Utara, Kota Magelang ini terdiri dari 10 personil yang terbagi dalam beberapa
klaster, diantaranya adalah klaster Pendidikan, Sosial Humaniora, dan Sains
& Teknologi.
Tak lupa pada kesempatan kali ini kami mengucapkan
terimakasih kepada berbagai pihak yang telah membantu menyelesaikan KKN Tematik
45 ini. Ucapan terimakasih kami sampaikan kepada:
1.
Bapak
Drs. Priyono selaku
Camat Magelang Utara, Kota Magelang
2.
Bapak
Drs. Sugeng Nurdiyanto selaku Lurah Kramat Utara
3.
Ibu
Tyas, SH selaku Sekretaris Kramat Utara
4.
Bapak
Tumijan selaku Ketua RW 08 Dalangan
5.
Bapak Ngadiman beserta keluarga selaku
pemilik Posko
6.
Bapak
Rohmad
selaku sesepuh Kampung Dalangan
7.
Segenap Perangkat dan masyarakat RW 08 Dalangan pada
khususnya maupun kelurahan Kramat Utara pada umumnya yang telah membimbing dan
membantu dalam pelaksanaan program kerja, serta instansi yang memberi kemudahan
dalam pelaksanaan KKN
8.
Bapak Ir. Eko
Muh. Widodo, ST., MT. Selaku Rektor Universitas Muhammadiyah Magelang
9.
Ibu Heni
Setyowati E.R, S. Kep, M. Kes selaku kepala LP3M Universitas Muhammadiyah
Magelang selaku Panitia Pelaksana KKN
10. Ibu Drs. Retno Rusdjijati, M. Kes selaku Ketua
Panitia kegiatan KKN tematik 45
11. Bapak Drs. Arie Supriyatno, Msi selaku Dosen Pembimbing Lapangan, terima kasih
banyak atas segala masukan, kritik dan saran yang Bapak berikan kepada kami
12. Seluruh
teman-teman mahasiswa KKN Universitas Muhammadiyah Magelang yang memberi
inspirasi dan kerjasamanya dalam menjalankan kegiatan
13. Kepada
keluarga yang telah memberikan dukungan moral dan material yang tidak terhingga
kepada kami
14. Kepada
keluarga yang telah memberikan dukungan moral dan material yang tidak terhingga
kepada kami
15. Dan
Semua pihak yang tidak dapat disebutkan satu persatu yang telah membantu dalam
terselenggaranya kegiatan KKN Tematik ini
Program
KKN Tematik memberikan keterampilan dan semangat bagi mahasiswa dalam menyusun,
merencanakan dan melaksanakan program-program pengembangan dan pembangunan
sehingga akan menjadi bekal masa depan, sebagai pemimpin maupun sebagai anggota
masyarakat.
DAFTAR ISI
HALAMAN
PENGESAHAN................................................................................ ii
KATA
PENGANTAR........................................................................................... iii
DAFTAR
ISI........................................................................................................... v
2. Hasil Identifikasi Permasalahan..................................................................... 3
4. Laporan
Pelaksanaan Kegiatan Eri Ariantoro.............................................. 18
5. Laporan
Pelaksanaan Kegiatan Rudi Hermawan......................................... 31
6. Laporan
Pelaksanaan Kegiatan Rizka Hidayati........................................... 43
7. Laporan
Pelaksanaan Kegiatan Novi Puspitaningrum................................. 57
8. Laporan
Pelaksanaan Kegiatan Laelatul Latifah......................................... 72
9. Laporan
Pelaksanaan Kegiatan Sholikhatun Nisa........................................ 87
10. Laporan
Pelaksanaan Kegiatan Tsara Fadil Afifah.................................... 101
11. Laporan
Pelaksanaan Kegiatan Nurbayani R............................................. 114
12. Laporan
Pelaksanaan Kegiatan Muhammad Shaddam Al – ghozi........... 131
PELAKSANAAN
KKN TEMATIK
1.
Monografi Desa dan
Dusun/RW
1)
Letak Geografis
Kelurahan Kramat Utara
terletak di Kecamatan Magelang Utara Kota Magelang Provinsi Jawa Tengah. Adapun
batas administratif Kelurahan Kramat UtaraKecamatan Magelang Utara Kota
Magelang yaitu:
· Sebelah Utara
: Kel. Jambewangi Kec. Secang, Kab Magelang
· Sebelah Selatan
: Kramat Selatan Kec. Magelang Utara
· Sebelah Barat
: Rejosari Kec. Bandongan Kabupaten Magelang
· Sebelah Timur
: Kedungsari Kec. Magelang Utara
Ditinjau dari jarak
transportasi kepusat pemerintahan, Kelurahan, Kramat Utara mempunyai jarak:
· Jarak ke kantor
Kecamatan Magelang Utara : ± 2Km
· Jarak ke kantor
Pemerintah Kota Magelang : ± 7 Km
· Jarak ke kantor Provinsi
Jawa Tengah : ± 70
2)
Luas Lahan dan Penggunaan Lahan
Kelurahan Kramat Utara
meliputi areal seluas 99,87 hektar, terdiri dari lahan sawah 4 Ha (0,04%) dan
lahan darat 99,83 Ha (99,06%) Perbandingan lahan sawah dan lahan darat sangat
besar, hal ini menandakan bahwa Kramat Utara merupakan kelurahan yang dominan
pemukiman.
3)
Jumlah Penduduk
Jumlah Penduduk : 4964 Jiwa, 1528 KK
a.
Laki-laki : 2450 Jiwa
b.
Perempuan : 2519 Jiwa
c.
Usia 0 – 15 :
1123 Jiwa
d.
Usia 16 – 64 : 3598
Jiwa
e.
Usia 60 ke-atas :
243 Jiwa
4)
Mata Pencaharian
Pekerjaan/Mata
Pencaharian
Pekerjaan/Mata
Pencaharian Usia 10 Tahun
Keatas
a. Karyawan
:
1)
Pegawai Negeri Sipil :
446 orang
2)
TNI :
116 orang
3)
POLRI : 24 orang
4)
Swasta :
815 orang
5)
BUMN : 33 orang
6)
BUMD : 3 orang
7)
Honorer : 14 orang
8)
Perawat : 39 orang
9)
Pensiunan : 178 orang
b. Dokter : 18 orang
c. Guru : 74 orang
d. Dosen : 4 orang
e. Wiraswasta : 346 orang
f. Pedagang : 13 orang
g. Perdagangan : 21 orang
h. T
a n i :
5 orang
i.
Pertukangan : 0 orang
j.
Buruh Tani : 2 orang
k. Buruh Harian Lepas : 109 orang
l.
Buruh
Nelayan : 2 orang
m. Mengurus Rumah Tangga : 658 orang
n. Pelajar/Mahasiswa : 1271 orang
o. Anggota
DPRD : 1 orang
p. Belum/TidakBekerja : 199 orang
q. Bidan : 3 orang
r.
Pembantu Rumah Tangga : 1 orang
s. Pendeta : 3 orang
t.
Penata Rambut : 1 orang
u. Sopir : 1 orang
v. Penyiar
Radio : 1 orang
w. Wartawan : 1 orang
x. Psikiater/psikolog : 1 orang
y. Pelaut : 1 orang
z. Mekanik : 1 orang
2.
Hasil Identifikasi
Permasalahan
Tabel 1. Identifikasi
Permasalahan
No.
|
Permasalahan
|
Lokasi
|
Sumber Data (P/M/D)
|
|||
1.
|
UMKM yang cukup potensial namun belum ada legalitas.
|
RW 08
|
P/M
|
|||
2.
|
Produk UMKM belum dikemas dengan kemasan yang menarik
|
RW 08
|
M
|
|||
3.
|
Produk UMKM belum di pasarkan secara massif baik secara offline
maupun online
|
RW 08
|
M
|
|||
5.
|
Belum ada sistem pembukuan yang baik atas UMKM yang dikembangkan
|
RW 08
|
M
|
|||
6.
|
Banyak lahan kosong yang tidak dimanfaatkan dengan baik
|
RW 08
|
M
|
|||
7.
|
Sarana ibadah yang masih kurang baik
|
RW 08
|
M
|
|||
8.
|
Pembukuan dana iuran desa kurang teratur
|
RW 08
|
M
|
|||
9.
|
Sistem informasi yang minim
|
RW 08
|
M
|
|||
10.
|
Bank sampah belum di mafaatkan secara penuh
|
RW 08
|
M
|
|||
11.
|
UMKM masih terkendala modal
|
RW 08
|
M
|
|||
12.
|
Produksi produk UMKM belum stabil
|
RW 08
|
M
|
|||
13.
|
Harga Produk UMKM masih terlalu mahal dibandingkan produk
sejenis yang diproduksi pabrik makanan/minuman dalam kemasan
|
RW 08
|
M
|
|||
14
|
Banyak tempat yang belum tertata rapi dan
cukup mengganggu pemandangan
|
RW 08
|
M
|
|||
15
|
Batas wilayah lingkungan antar RT dan antar
RW masih belum jelas
|
RW 08
|
M
|
|||
16
|
Identitas sebagai Kampung Lidah Buaya masih
kurang kuat
|
RW 08
|
M
|
|||
17
|
Remaja Masjid kurang berjalan
|
RW 08
|
M
|
|||
18
|
Kegiatan TPA di Masjid hanya dilaksanakan ketika Bulan Ramadhan
|
RW 08
|
M
|
|||
19
|
Faktor turunnya semangat belajar adalah Broken Home
|
RW 08
|
M
|
|||
20
|
Kegiatan kebersihan lingkungan tiap pekan tidak berjalan
|
RW 08
|
M
|
|||
21
|
kegiatan belajar bersama di lingkungan masyarakat belum maksimal
|
RW 08
|
M
|
|||
22
|
Lingkungan RW 08 di identikkan menjadi kampung Kumuh
|
RW 08
|
P
|
|||
23
|
Monografi Penduduk belum ada
|
RW 08
|
M
|
|||
24.
|
Kesadaran
partisispasi remaja akan aktivitas sosial keagamaan dalam menunjang kemajuan
Masjid masih rendah
|
RW 08
|
M
|
|||
25.
|
Sistem informasi yang minim
|
RW 08
|
M
|
|||
26.
|
Monografi Penduduk belum ada
|
RW 08
|
P
|
|||
27.
|
Pembukuan dana iuran desa kurang teratur
|
RW 08
|
M
|
|||
28.
|
Sarana untuk olahraga belum tertata
|
RW 08
|
M
|
|||
29.
|
Variasi
dan diverfikasi produk Lidah Buaya
|
RW 08
|
M
|
|||
30.
|
Kurangnya
pemahaman tentang pariwisata
|
RW 08
|
M
|
|||
31
|
Belum
ada sosialisasi tentang bahaya penyalahgunaan narkoba
|
RW 08
|
M
|
|||
32.
|
Penggunaan
gadget yang berlebihan pada anak usia SD
|
RW 08
|
M
|
|||
33.
|
Masih
rendahnya motivasi belajar bagi siswa
|
RW 08
|
M
|
|||
34.
|
Pengetahuan
anak tentang pariwisata di kota magelang masih minim
|
RW 08
|
M
|
|||
35.
|
Belum
adanya tenaga pengajar di TPQ
|
RW 08
|
M
|
|||
36.
|
Kurangnya
pelatihan kegiatan keagamaan di lingkungan TPQ
|
RW 08
|
M
|
|||
Keterangan
P : Perangkat Desa
M : Masyarakat
D
: Dinas Instansi Vertikal/Stakeholder
LAPORAN
PELAKSANAAN KEGIATAN (INDIVIDU)
KULIAH
KERJA NYATA TEMATIK ANGKATAN 45
UNIVERSITAS
MUHAMMADIYAH MAGELANG
TAHUN
: 2018
Kelompok :
66 ( Enam Puluh Enam )
Dusun/RW :
Dalangan RW 08
Desa/Kelurahan :
Kramat Utara
Kecamatan :
Magelang Utara
Kota/Kabupaten :
Kota Magelang
OPTIMALISASI PARIWISATA
DI WILAYAH MAGELANG SEBAGAI PENDUKUNG KSPN BOROBUDUR
Eri Ariantoro
14.0102.0081
DIVISI PENGABDIAN PADA MASYARAKAT
LEMBAGA PENELITIAN, PENGEMBANGAN, DAN PENGABDIAN PADA MASYARAKAT
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAGELANG
2018
A.
Prioritas Pemilihan
Permasalahan
Tabel 1 : Prioritas Pemilihan
Permasalahan
No.
|
Permasalahan
|
Alasan Pemilihan
|
1.
|
UMKM belum berjalan
sebagaimana mestinya
|
· UMKM yang sudah ada sulit berkembang karena
terkendala modal.
· Belum adanya pembukuan yang menyebabkan
mendapatkan investor.
· Harga produk UMKM yang relative mahal
mengindikasikan belum ada perhitungan biaya produksi yang baik sehingga
produk tidak dapat bersaing di pasaran.
|
2.
|
Pembukuan dana iuran desa belum teratur
|
Perlu ada sistem pembukuan dengan menekankan pada pembenahan
dokumen transaksi untuk mencegah kecurangan.
|
3.
|
Belum ada tanda batas antar wilayah RT dan
RW
|
Perlu di buat batas antar RT dan RW agar masyarakat lebih
memerhatikan lingkungan / wilayah yang menjadi tanggung jawabnya.
|
4.
|
Pencanangan wilayah Kelurahan Keramat Utara
sebagai kampung lidah buaya masih belum terbukti
|
Pencanangan lingkungan dalangan sebagai kampong lidah buaya
perlu digalakan secara serius untuk menarik pengunjung.
|
5.
|
Fasilitas olahraga belum memadai
|
Pembenahan fasilitas olahraga sebagai sarana untuk mengisi waktu
dengan hal-hal yang positif dan sebagai tempat warga bersosialisasi.
|
B.
Rencana
Program KKN Tematik
No
|
No.
Sektor
|
Nama
Program
|
Bahan
|
Volume
|
Sumber
Dana
|
1.
|
SH.
A. 3
|
Bimbingan
teknis produksi usaha kecil
|
Modul
pelatihan, Alat dan bahan produksi, ATK.
|
5
|
Swadaya
Masyarakat dan Mahasiswa
|
2.
|
SH.
A. 1
|
Perintisan
pembentukan koperasi
|
Modul
pelatihan, ATK,
|
1
|
Swadaya
Masyarakat dan Mahasiswa
|
3.
|
SH.
C. 3.
|
Pelatihan
peningkatan administrasi desa/dusun
|
Modul
pelatihan,
ATK
|
5
|
Swadaya
Masyarakat dan Mahasiswa
|
4.
|
P.
E. 9
|
Pembuatan
batas antar wilayah RT dan RW.
|
Kayu,
Plat Besi, Cat,
|
5
|
Swadaya
Masyarakat dan Mahasiswa
|
5.
|
SH.
B.1
|
Pengembangan
destinasi wisata
|
Cat,
Tanaman,
|
3
|
Swadaya
Masyarakat dan Mahasiswa
|
6.
|
SH.
B.5
|
Pembenahan
sarana olahraga
|
Pasir,
semen
|
1
|
Swadaya
masyarakat dan Mahasiswa
|
C.
Realisasi
Program
Tabel 3. Realisasi program kegiatan
KKN Tematik
No.
|
Jenis Program
|
Nama Program
|
Capaian Kegiatan
|
Sumber Dana
|
Waktu (Jam)
|
1
|
Program Pokok
|
Bimbingan teknis produksi usaha kecil
|
1.
Kegiatan inti diikuti
oleh 25 peserta yang terbagi dalam 5 sesi penyuluhan dg perincian:
· Pertemuan
I ( 5 Jam x 5 org)
· Pertemuan
II (26 Jam x 5 org)
· Pertemuan III
( 4 Jam x 5 org)
· Pertemuan IV (
6 Jam x 5 org)
· Pertemuan
V ( 5 Jam x 5 org)
2.
Kegiatan yang
dilakukan meliputi:
· sosialisasi
program awal,
· Persiapan alat
dan bahan,
· Pembuatan
produk,
· Penyuluhan
pencatatan biaya produksi serta pembuatan
pembukuan.
3.
Capaian Program Kerja Ini adalah pelaku UMKM sudah
bisa menghitung biaya produksi yang dikeluarkan secara lebih akurat sehingga
bisa menerapkan harga yang sesuai.
|
Mahasiswa:
Rp 70.000
Swadaya
: Rp 383.000
|
65
|
2
|
Program Pokok
|
Perintisan pembentukan koperasi
|
1.
Kegiatan inti dilaksanakan selama 2 jam diikuti
oleh 25 peserta Warga RT.002 .
2.
Kegiatan yang
dilakukan meliputi:
· sosialisasi
program awal,
· Persiapan
mencari materi dan membuat Power Point,
· Sosialisasi
perintisan pembentukan koperasi
· Melaporkan
hasil perintisan pembentukan koperasidi RT. 002..
3.
Capaian program kerja ini adalah masyarakat
sepakat untuk mengadakan iuran wajib untuk simpan pinjam tanpa agunan pada
lingkungan RT. 002.
|
Mahasiswa: Rp
9.000
Swadaya
: Rp 184.000
|
11
|
3
|
Program Pokok
|
Pelatihan peningkatan administrasi desa/dusun
|
1.
Kegiatan inti diikuti
oleh 100 peserta yang terbagi dalam 4 sesi penyuluhan dg perincian:
· Pertemuan
I (2 Jam x 25 org)
· Pertemuan
II (2 Jam x 25 org)
· Pertemuan III
(2 Jam x 25 org)
· Pertemuan IV
(2 Jam x 25 org)
2.
Kegiatan yang dilakukan meliputi :
· Sosialisasi
program kerja awal.
· Persiapan
(mencari materi dan membuat power point)
· Pelatihan
peningkatan administrasi desa / dusun
· Pembuatan buku
administrasi
· Penyerahan
buku administrasi
3.
Capaian program kerja ini adalah:
Administrasi
uang masuk dan keluar di masing masing RT serta di tingkat RW sudah lebih
tertata dengan diberikanya buku kas yang lebih mudah digunakan.
|
Mahasiswa:
Rp 140.000
Swadaya
: Rp 258.000
|
46
|
4
|
Program Pokok
|
Pembuatan batas antar wilayah RT dan RW.
|
a.
Kegiatan inti dlaksanakan selama 6 jam dengan 5
tempat kegiatan dengan rincian:
· RT I-II ( 6 Jam x 4 Org )
· RT II-III ( 6 Jam x 4 Org )
· RT III-IV ( 6
Jam x 4 Org )
· RT IV-V ( 6 Jam x 4 Org )
· RW
VIII-RW VII (7
Jam x 4Org)
b.
Kegiatan yang dilakukan meliputi :
· Sosialisasi
program kerja awal.
· Persiapan (
mencari alat dan bahan )
· Pemotongan
Seng
· Pengecoran
Kayu
· Pengecatan
seng dan kayu
· Perangkaian
dan pemasangan batas wilayah.
· Laporan hasil
pembuatan batas antar wilayah
c.
Capaian program kerja ini adalah:
Batas antar wilayah RT dan RW menjadi
lebih jelas dengan adanya plang batas wilayah tersebut. masyarakat lebih tahu
wilayah yangmenjadi tanggung jawab dalam menjaga lingkungan di sekitarnya.
|
Mahasiswa:
Rp 141.000
Swadaya: Rp 167.000
|
67
|
5
|
Program Pokok
|
Pengembangan destinasi wisata
|
1.
Kegiatan inti program kerja ini dilaksanakan
selama 45 Jam dengan melibatkan 132 Orang dengan rincian:
· Tahap I ( 24 Jam X 45 Org )
· Tahap II ( 11 Jam X 49 Org )
· Tahap III ( 8
Jam X 35 Org)
2.
Kegiatan yang dilakukan meliputi:
· Koordinasi
dengan karang taruna
· Persiapan
(mencari alat dan bahan)
· Pengecatan
jalan kampung (Warna-warni)
· Penanaman
pohon lidah buaya
· Penataan pohon
lidah buaya di sepanjang jalan
3.
Capaian program kerja ini adalah:
Sepanjang
jalan kampung terlihat pohon lidah buaya yang tertata rapi di sisi kanan dan
kiri. Identitas kampung lidah buaya lebih terlihat, pencanangan kampung
dalangan sebagai kampung lidah buaya semakin nyata.
|
Mahasiswa:
Rp 154.000
Swadaya: Rp 400.000
|
59
|
6
|
Program Pokok
|
Pembenahan sarana olahraga
|
1.
Kegiatan inti program kerja ini dilaksanakan
selama 34 Jam dengan melibatkan 110 Orang
2.
Kegiatan yang dilakukan meliputi:
· Sosialisasi
awal program kerja
· Persiapan
(mencari alat dan bahan)
· Koordinasi
teknis pengerjaan dengan karang taruna
· Plester
dinding tempat olah raga
· Pembuatan
papan score
· Uji kelayakan
sarana olahraga
3.
Capaian program kerja ini adalah:
Dinding
yang tempat olahraga sudah di plester sehingga lebih layak digunakan. Di
sertai papan score baru sebagai pendukung.
|
Mahasiswa:
Rp 248.000
Swadaya: Rp 377.000
|
42
|
Keterangan :
Tabel ini hanya untuk program pokok
D. Pembahasan
1.
Realisasi program kerja
No
|
Program rencana (LRK)
|
Realisasi
|
Status
|
1.
|
Bimbingan teknis produksi
usaha kecil
|
· Pembuatan
produk,
· Penyuluhan
pencatatan biaya produksi serta pembuatan
pembukuan.
|
Terlaksana
|
2.
|
Perintisan
pembentukan koperasi
|
· Sosialisasi
perintisan pembentukan koperasi
|
Terlaksana
|
3.
|
Pelatihan peningkatan
administrasi desa/dusun
|
· Pelatihan
peningkatan administrasi desa / dusun
· Pembuatan buku
administrasi
|
Terlaksana
|
4.
|
Pembuatan batas antar
wilayah RT dan RW.
|
· Perangkaian
dan pemasangan batas wilayah.
|
Terlaksana
|
5.
|
Pengembangan
destinasi wisata
|
· Pengecatan
jalan kampung (Warna-warni)
· Penanaman
pohon lidah buaya
· Penataan pohon
lidah buaya di sepanjang jalan
|
Terlaksana
|
6.
|
Pembenahan sarana
olahraga
|
· Plester
dinding tempat olah raga
· Pembuatan
papan score
|
Terlaksana
|
2.
Kesesuaian Rencana
Program kerja
No
|
Program rencana (LRK)
|
Tanggal Rencana Kegiatan
|
Tanggal Pelaksanaan Kegiatan
|
Status
|
1.
|
Bimbingan teknis
produksi usaha kecil
|
3,4,17,18,24
Maret 2018
|
3,4,17,18,24
Maret 2018
|
Terlaksana
|
2.
|
Perintisan
pembentukan koperasi
|
6 Maret 2018
|
6
Maret 2018
|
Terlaksana
|
3.
|
Pelatihan peningkatan
administrasi desa/dusun
|
27 Februari 2018
,4,6,10,20 Maret 2018
|
27
Februari 2018 ,4,6,10,20 Maret 2018
|
Terlaksana
|
4.
|
Pembuatan batas antar
wilayah RT dan RW.
|
25,27 Februari 2018
,11,17,18 Maret 2018
|
25,27
Februari 2018 ,11,17,18 Maret 2018
|
Terlaksana
|
5.
|
Pengembangan
destinasi wisata
|
25 Februari 2018
,4,18 Maret 2018
|
25
Februari 2018 ,4,18 Maret 2018
|
Terlaksana
|
6.
|
Pembenahan sarana
olahraga
|
23 Maret 2018
|
23
Maret 2018
|
Terlaksana
|
3.
Uraian kegiatan
1.
Bimbingan
teknis produksi usaha kecil
Program
kerja ini di laksanakan pada tanggal
3,4,17,18,24 Maret 2018 sesuai dengan
rencana pelaksanaan program yang telah disusun. Program kerja ini
direalisasikan dengan kegiatan pembuatan produk UMKM seperti:
a.
Tahu bakso Aloevera
b. Permen Aloevera
c. Teh Tarik Aloevera
d. Nata de Aloevera
e. Cistik Aloevera
Pelatihan pembuatan
produk UMKM di atas disertai dengan pelatihan pencatatan biya produksi untuk
mengetahui biaya yang dikeluarkan untuk membuat suatu produk tersebut secara
lebih akurat sehingga pelaku UMKM dapat menetapkan harga atas produk secara
lebih sesuai.
Pelatihan dilakukan di
Rumah Ketua RW yang dihadiri oleh pelaku UMKM sebanyak 5-8 orang setiap sesi.
Semua bahan yang digunakan praktek disediakan oleh peserta pelatihan sedangkan
mahasiswa hanya menyediakan buku pencatatan serta mencatat biaya produksi.
Setelah pelatihan
peserta UMKM menjadi tahu pentingnya pencatatn biaya produksi sehingga dengan
semangat akan melanjutkan pencatatan biaya produksi setiap produksi produk
dilakukan.
2.
Perintisan
pembentukan koperasi
Progran
kerja ini dilaksanakan pada tanggal 6 Maret 2018 sesuai dengan tanggal rencana
pelaksanaan yang sudah di susun. Program perintisan pembetukan koperasi
dilaksanakan di rumah warga berbarengan dengan pertemuan rutin ibu-ibu PKK
warga RT 002.
Program
kerja ini dijalankan dalam acara
sosialisasi dan diskusi pentingnya menabung serta dasar hukum kresit syariah.
Program kerja ini melibatkan ibu-ibu PKK RT.002. Kegiatan sosialisasi
dilaksanakan selama 2 jam yang menghasilkan kesepakatan untuk diadakan tabungan
wajib dan pinjaman tanpa agunan.
Program
kerja perintisan pembentukan koperasi di awali dengan sosialisasi program awal,
bernegosisasi waktu dan tempat pelaksanaan dengan pengurus PKK, pencarian
materi sosialisasi dan pembuatan power point, pelaksanaan sosialisasi serta
diskusi, dengan laporan hasil perintisan pembentukan koperasi.
3.
Pelatihan
peningkatan administrasi desa/dusun
Program kerja ini
dilaksanakan pada tanggal 27 Februari 2018, 4,6,10 dan 20
Maret 2018 sesuai dengan tanggal rencana kegiatan yang telah disusun. Program peningkatan administrasi
desa/dusun dilakukan dengan cara berdiskusi dengan para pengurus RT dan RW
serta masyarakat untuk membuat sistem pencatatan yang lebih terstruktur.
Sosialisasi dilakukan di Rapat RT 002, RT 003, RT 004, RT, 005 serta Rapat RW
008.
Selanjutnya mahasiswa
membuat buku administrasi baru untuk memperbaiki buku administrasi yang sudah
ada. Setelah buku di buat maka diserahkan pada para pengurus administrasi pada
tingkat RT dan RW di wilayah Kampung Dalangan.
4.
Pembuatan
batas antar wilayah RT dan RW
Program
kerja ini dilaksanakan pada tanggal 25,27 Februari 2018 ,11,17 dan 18 Maret
2018 sesuai dengan tanggal rencana kegiatan yang telah disusun. Program
pembuatan batas antar wilayah RT dan RW dilaksanakan dengan mebuat plang
petunjuk batas serta peta desa. Kegiatan ini melibatkan pemuda RW 008 dan
mahasiswa KKN meliputi pemotongan seng talang, pengecoran kayu, pengecatan
papan penunjuk, perangkaian dan pemasangan plang batas antar wilayah RT dan RW.
Pelaksanaan
program kerja ini diawali dengan sosialisasi program kerja awal kepada
masyarakat, dilanjutkan dengan pencarian alat dan bahan, pemotongan seng
talang, pengecoran tiang kayu, perangkaian plang penunjuk sampai pemasangan
plang penunjuk ditempat yang telah dipersiapkan. Pencapaian program kerja ini
adalah masyaarakat menjadi lebih mengerti batas yang menjadi tanggung jawabnya
dalam menjaga lingkungan baik dari segi kebersihan maupun keamanan.
5.
Pengembangan
destinasi wisata
Program
kerja ini dilaksanakan pada tanggal 25 Februari 2018 ,4,18 Maret 2018 sesuai
dengan rencana pelaksanaan program yang telah disusun sebelumnya. Program kerja
ini di awali dengan sosialisasi program awal, dilanjutkan dengan koordinasi
dengan warga dan karang taruna, dilanjutkan dengan kerja bakti untuk menata
kampung.
Program
pengambangan destinasi wisata direalisasikan dengan pengecatan jalan di sisi
kanan dan kiri yang di cat dengan warna-warni sehingga menjadikan kesan bersih
dan ceria. Kegiatan lain yang mendukung program kerja ini adalah menanam pohon
lidah buaya serta menatanya di sepanjang jalan Kampung Dalangan untuk
menegaskan sebagai kampung lidah buaya.
Program
kerja ini melibatkan melibatkan sebagian besar warga Kampung Dalangan dan
Karang Taruna yang secara bersama sama mengadakan kerja bakti untuk menata kampung.
Pencapaian program kerja ini adalah pencanangan kampung Dalangan sebagai
kampung lidah buaya lebih terlihat realisaasinya dengan adanya tanaman lidah
buaya di sisi kiri dan kanan jalan.
6.
Pembenahan
sarana olahraga
Program
kerja pembenahan sarana olah raga dilaksanakan
pada tanggal 23 Maret 2018 sesuai dengan program kerja yang telah
disusun. Program pembenahan sarana olahraga diawali dengan sosialisasi program
awal, dilanjutkan persiapan alat dan bahan, dilanjutkan dengan pelaksanaan
program pembenahan sarana olahraga yang direalsasikan dengan membenahi sarana
pingpong dengan wujud plester dinding serta pembuatan papan score yang baru.
Program
kerja ini adalah kerja sama antara mahasiswa KKN yang memberikan Sumber daya
dalam bentuk pasir dan semen dan warga yang melaksanakan pembangunan sarana
olah raga. Pencapaian program kerja ini adalah sarana olahraga menjadi lebih
baik dan lebih layak dari sebelumnya. Masyarakat menjadi lebih peduli dengan
asset desa yang dimiliki.
E.
Kesimpulan
Dan Saran
1.
Kesimpulan
Berdasarkan
kegiatan-kegiatan program kerja yang telah terlaksana maka dapat disimpulkan
sebagai berikut:
a. Program
kerja yang telah direncanakan telah di realisasikan dengan maksimal meskipun
jadwal pelaksanaanya tidak seluruhnya sesuai/ Hal tersbut karena mengikuti
perubahan jadwal karena penyesuaian kondisi dan situasi lingkungan.
b. Dukungan
wakga masyarakat dalam bentuk materi maupun nonmateri terhdap program kerja
yang dilakukan sangat membantu keberhasilan program kerja yang dilaksanakan.
c. Mahasiswa
belajar bersosialisasi, beradaptasi,
serta bersikap dalam hidup bermasyarakat dengan menjunjung norma yang berlaku
pada daerah tersebut.
2.
Saran
a. Bagi
masyarakat RW.008, Kampung Dalangan, Kelurahan Kramat Utara.
Masyarakat diharapkan dapat
mengembangkan program kerja yang telah dilaksanakan oleh mahasiswa KKN di
Kampung Dalangan sehingga program kerja yang telah dilaksanakan ada
keberlanjutan dan membuat lingkungan menjadi lebih baik.
b. Bagi
mahasiswa
1) Mahasiswa
diharapkan dapat berkomunikasi dengan baik antar anggota kelompok kkn serta
dengan masyarakat tempat KKN dilaksanakan
2) Mahasiswa
diharapkan lebih disiplin dan bertanggung jawab dalam menjalankan tugasnya.
c. Untuk
mahasiswa KKN berikutnya
1) Mahasiswa
KKN yang berikutnya diharapkan mampu untuk menagkap permasalahan di daerah KKN
untuk dapat menerapkan program yang sesuai untuk daerah tersebut.
2) Mahasiswa
KKN yang berikutnya diharapkan mampu berkomunikasi dengan baik antar mahasiswa
yang menjadi rekan KKN dan juga masyarakat daerah KKN untuk mensukseskan
program kerja yang akan dilaksanakan.
Comments
Post a Comment