MENGIKUTI SELEKSI CPNS KEMENKUMHAM TAHUN 2017

CERITA KITA ...
Bagi temen temen yang berjuang untuk dapat masuk di kementrian hukum dan HAM maka harus di persiapkans egala hal yang berkaitan. Baik sebelum mengikuti seleksi saat seleksi dan pasca seleksi. berikut hal yang pernah saya alami ketika mengikuti seleksi masuk CPNS Kemenkumham tahun 2017
Pra Seleksi:
  1. Pasti kita melihal pengumuman penerimaan CPNS di KEmenkumham. waktu itu saya daat dari teman saya yang bekerja di surabaya. Kemudian saya mengecek di Web Resmi dan ternyata benar.
  2. Membaca persyaratan secara detail.
  3. Mulai mempersiapkan berkas-berkas yang dibutuhkan.
  4. Memilih formasi yang akan dilamar. (usahakan yang memang di tekuni dan di kuasai. instansi pemerintah butuh orang yang benar benar berkualitas. jangan hanya mengedepankan ego dengan masuk ke instansi yang tidak di kuasai dengan alasan Asal jadi PNS. Percaya bahwa Rizki akan datang dan tidak akan tertukar baik Jumlah dan Waktunya).
Mulai Seleksi:
  1. Segera mendaftar saat pendaftaran sudah di buka untuk tahun 2017 mendaftar online di situs sscn.bkn.go.id karena kemungkinan ketika mendaftar pertama atau saat awal awal pendaftaran maka akan mendapatkan nomor pendaftaran yang lebih dulu dan akan terus berada di antrian pertama untuk seleksi seleksi berikutnya.
  2. Tetap sabar ketika Web susah di buka karena sudah pasti parapelamar akan berusaha untuk menjadi yang pertama sehingga web akan sedikit bermasalah seperti lamban atau malah erorr. Cukup tunggu dan di coba terus.
  3. Ikuti perkembangan isu-isu yang terkait karena sering terjadi perubahan jadwal atau tempat ujian atau mungkin juga pengumunan penting lewat situs-situs resmi maupun tany teman teman yang juga ikut mendaftar.
  4. Jangan lupa belajar karena Setelah pendaftaran maka langkah selanjutnya adalah TES secara menggunakan komputer (untuk jenjang SMA/Sederajat ada Tes tinggi badan dan verivikasi dokumen asli berupa Ijazah, KTP, Dll).
  5. Saat mengerjakan Tes Harap tenang dan tidak terburu buru namun juga harus memperhatikan waktu. Biasanya waktu akan sangat mepet sehingga peserta akan semakin gugup. langsung pilih jawaban yang di rasa paling benar ( jangan melewatkan satu soal pun ) karena itu sangat beresiko untuk tidak terjawab.
  6. Setelah mengikuti TES komputer dan dinyatakan lulus maka Peserta akan di rangking untuk dapat masuk ke proses selanjutnya dengan porsi 3 kali jumlah lowongan tersedia. Bagi peserta yang tidak lulus ( Tidak melewati Passing Grade atau tidak mendapat rangking) maka di situ perjuangan untuk mengikuti seleksi CPNS sudah otomatis terhenti. Dan Harus Tetap semangat Karena Masih ada kesempatan tahun depan atau CPNS di Lain kementrian Atau juga mencari rizki dengan jalan yang lain.
  7. Oke Kita LULUS Passing grade. Persiapkan tes selanjutnya. dan tes yang akan kita kalukan adalah tes Kesemamtaan. yaitu lari selama 12 menit dengan jarak tempuh untuk mendapatkan nilai 100 adalah sejauh 3200 meter atau setara dengan 8 kali putaran lintasan atletik. Kemudian Push Up 45 kali dalam waktu 1 menit ( nilai 100 ), Pull up 17 kali dalam waktu 1 menit (untuk nilai 100), sit up 40 kali dalam waktu 1 menit (untuk nilai 100) dan lari membentuk angka delapan sebanyak 8 putaran dengan cepat dimana untuk nilai 100 nya sekitar 16 detik.
  8. Setelah itu kita langsung dapat melihat hasilnya dan dapat mngira ira dapat nilai berapa
  9. Tes Selanjutnya adalah wawancara. kita hanya perlu menunjukan wajah yang segar, tegap dan tentu sopan. Persiapkan mental untuk bisa menjawab semua pertanyaan dengan singkat, jelas dan mudah dimengerti. oh iya.......... persiapkan keahlian yang relevan (terutama beladiri) untuk menambah poin penilaian. perlu juga memperlihatkan sertifikat keahlian yang mendukung.
  10. Oke tinggal tunggu pengumuman. Sayangnya Aku Belum berhasil. Selamat pada Teman-teman yang berhasil. semoga amanah. aamiin.

Comments

Popular posts from this blog

MAKALAH HAJI

makalah "KEWIRAUSAHAAN DAN KEWIRAUSAHAAN DALAM ISLAM"