Resume "Mengukur Pendapatan suatu Negara"



Nama      : Eri Ariantoro
NPM       : 14.0102.0081
Mengukur Pendapatan suatu Negara
Ilmu ekonomi makro (macroeconomics) adalah ilmu tentang perekonomian secara keseluruhan. Tujuan ilmu ekonomi makro adalah menjelaskan perub ahan perekonomian yang mengarahi semua rumah tangga, perusahaan, dan pasar secara bersamaan. Sebagian besar bertujuan untuk mengungkap fakta penentu Produk Domestik Bruto jangka panjang dan jangka pendek sebuah negara.
Dalam menilai apakah perekonomian belajar dengan baik atau buruk, merupakan hal alamiah untuk melihat pendapatan total yang diperoleh semua orang dalam perekonomian tersebut inilah fungsi dari PDB.
Untuk suatu perekonomian secara keseluruhan, pendapatan total harus sama dengan pengeluaran total. Karena setiap transaksi melibatkan dua pihak yakni penjual dan pembeli. Setiap uang yang dibelanjakan oleh pembeli merupakan pendapatan bagi penjual.
Diagram arus lingkar : rumah tangga membeli barang dan jasa dari perusahaan menggunakan pendapatan dari penjualan mereka untuk membayar upah pegawai, sewa pemilik tanah, dan keuntungan pemilik perusahaan. Besar PDB juga sama dengan jumlah upah, sewa, dan keuntungan yang dibayarkan perusahaan dipasar faktor produksi.
Produk Domestik Bruto (PDB) : Nilai pasar dari seluruh barangg dan jasa jadi yang diproduksi di suau Negara pada periode tertentu.
Pengukuran produk domestik bruto
a.     PDB adalah nilai pasar
b.    PDB mencakup, baik barang yang berwujud maupun jasa yang tidak berwujud, maupun jasa yang tidak berwujud
c.     PDB mencakup barang dan jasa yang sedang diproduksi
d.    Mengukur nilai produksi di dalam batas-batas wilayah geografis suatu negara
e.     Mengukur nilai produksi yang dilakukan dalam rentang waktu tertentu
Komponen-komponen PDB
·         Konsumsi :Pembelanjaan barang dan jasa oleh rumah tangga dengan pengecualian pembelian rumah baru
·         Investasi :Pengeluaran untuk peralatan modal, persediaan, dan bangunan atau stuktur termasuk belanja rumah tangga untuk rumah baru
·         Belanja pemerintah : Pembelanjaan untuk barang dan jasa yang dilakukan oleh pemerintah yang mencakup upah pegawai negeri dan pengeluaran untuk pekerjaan umum.
·         Ekspor neto : Pembelian barang produksi domestik oleh warga asing ekspor dikurangi dengan pembelian barang asing oleh warga domestik atau impor
PDB Rill Versus PDB Nominal
PDB Rill yaitu produksi barang dan jasa yang dinilai pada harga tetap
PDB Riil memperlihatkan bagaimana produksi barang dan jasa dalam perekonomian berubah seiring berjalannya waktu.
PDB Nominal yaitu produksi barang dan jasa yang dinilai pada harga kini,
PDB nominal menggunakan harga saat ini untuk menilai produksi barang dan jasa dalam perekonomian. PDB riil menggunakan harga tahun basis untuk menilai produksi barang dan jasa dalam perekonomian.
Deflator PDB yaitu ukuran tingkat harta yang dihitung sebagai rasio PDB Nominal dengan PDB Rill dikali 100
PDB dan Kesehatan Perekonomian atau bisa ditulis demikian :
Defaktor PDB merupakan satu ukuran yang digunakan oleh para ekonom untuk memonitor tingkat harga rata-rata dalam perekonomian
PDB disebut sebagai satu-satunya ukuran terbaik untuk mengetahui kesehatan perekonomian suatu masyarakat.
PDB mengukur pendapatan total dalam perekonomian ataupun pengeluaran total barang dan jasa dalam perekonomian. PDB tinggi memang membantuk kita dalam menjalani kehidupan yang baik.
PDB bukan merupakan ukuran sempurna untuk mensejahterakan Sebagian hal yang menentukan hidup yang baik tidak diperhitungkan oleh PDB. Salah satunya adalah waktu luang.
PDB merupakan ukuran yang baik untuk kesejahteraan ekonomi untuk sebagian besar-namun tidak semua- tujuan. Yang penting di perhatikan oleh kita yaitu apa yang masuk ke dalam PDB dan apa yang di kecualikan PDB.

Comments

Popular posts from this blog

MAKALAH HAJI

makalah "KEWIRAUSAHAAN DAN KEWIRAUSAHAAN DALAM ISLAM"