Resume " TRADEOFF JANGKA-PENDEK ANTARA INFLASI DAN PENGANGGURAN"




Nama    : Eri Ariantoro
NPM      :14.0102.0081
 


TRADEOFF JANGKA-PENDEK ANTARA INFLASI DAN PENGANGGURAN

Pengangguran dan Inflasi
Tingkat pengangguran alamiah tergantung pada berbagai ciri dari pasar tenaga kerja.
Seperti Undang – undang upah minimum, kekuatan pasar serikat pekerja, peran upah efisiensi, serta  keefektifan pencarian kerja.
·         Tingkat inflasi terutama tergantung pada pertumbuhan jumlah uang yang beredar yang dikendalikan oleh bank sentral.
·         Orang menghadapi tradeoff ( pertukaran kepentingan ) jangka pendek antara inflasi dan pengangguran.
Kurva Phillips
Kurva Phillips adalah hubungan jangka pendek antara inflasi dan pengangguran.
Kurva Phillips menunjukkan kombinasi inflasi dan pengangguran jangka pendek ketika pergeseran pada kurva permintaan agregat menggerakkan perekonomian di sepanjang kurva penawaran agregat jangka pendek.
Kenaikan permintaan agregat terhadap barang dan jasa dalam jangka pendek mengakibatkan hasil produksi barang dan jasa yang lebih besar dan tingkat harga yang lebih tinggi.
Hasil produksi yang lebih besar berarti pekerjaan yang lebih tinggi sehingga tingkat pengangguran lebih rendah.
Pergeseran kurva Phillips: Peranan Harapan
Friedman berargumen bahwa satu yang tidak dapat dilakukan oleh kebijakan moneter, selain dari hanya untuk jangka pendek, adalah memilih kombinasi inflasi dan pengangguran di kurva Phillips.
Kurva Phillips jangka panjang vertikal menggambarkan kesimpulan bahwa pengangguran tidak bergantung pada pertumbuhan uang dan inflasi pada jangka panjang.
Fiedman dan Phelps menyimpulkan bahwa tidak ada alasan untuk berfikir bahwa tingkat inflasi akan, jangka panjang berhubungan dengan tingkat pengangguran.
Eksperimen Alamiah Untuk Hipotesis Tingkat Alamiah.
Hipotesis Tingkat alamiah yaitu penyataan bahwa pengangguran pada akhirnya akan kembali ketingkat normal atau alamiahnya, bagaimanapun tingkat inflasinya.
Hingga tahun 1973, para pembuat kebijakan telah mendapati bahwa friedman dan Phelps ternyata benar: Tidak ada Trade off antara inflasi dan pengangguran dalam jangka panjang.
Pergeseran Pada Kurva Phillips: Peranan Guncangan penawaran.
Guncangan penawaran ( supply shock ) adalah peristiwa yang secara langsung memengaruhi biaya produksi suatu perusahaan sehingga memengaruhi harga yang dibebankan oelh perusahaan tersebut.
Stagnasi adalah kombinasi harga yang naik dan hasil produkasi yang turun
Rasio Pengorbanan
Jika suatu negara ingin mengurangiinflasi, negara yang bersangkutan harus bertahan menjalani periode pengangguran yang tinggi dan hasil produksi yang rendah.
Rasio pengorbanan adalah angka dalam persen dari jumlah output yang hilang per tahun dalam proses mengurangi inflasi sebesar 1 poin persentase.
Harapan yang Rasional dan kemungkianan Disinflasi Tanpa Biaya.
Harapan yang rasional yaitu teori yang mnengatakan bahwa orang-orang secara optimal menggunakan semua informasi yang memiliki termsuk informasi tentang kebijakan pemerintah, ketika memperkirakan masa datang.
Disinflasi Volcker
Ketika bank sentral menghadapi prospek untukmengurangi inflasi, para ekonom menawarkan dua prediksi yang bertentangan :
1.     Kelompok ekonom menawarkan estimasi rasio pengorbanan dan menyimpulkan bahwa mengurangi inflasi akan memakan biaya yang besar. Dalam kaitanya dengan hasil produksi yang hilang dan pengangguran yang tinggi.
2.     Kelompok lain menawarkan teory hrapan yang rasional dan menyimpulkan bahwa mengurangi inflasi dapat jauh lebih tidak memakan biaya dan mungkin tidak memakan biaya sama sekali.
Era Greenspan
Ketika pengangguran turun dan inflasi naik pada tahun 1989 dan 1990, The Fed menaikkan suku bunga dan mengurangi permintaan agregat yang mengakibatkan kesesi kecil pada tahun 1991 dan 1992. Pengangguran  kemudian naik di atas sebagian estimasi tingkat alamiahnya dan inflasi turun sekali lagi. Sejak saat itu sampai akhir tahun 1990-an perekonomian mengalami periode kemakmuran. Angka inflasi dan pengangguran turun mendekati nol menjelang akhir dekade tersebut. Pengangguran juga menyimpang ke arah bawah, mengakibatkan banyak pengamat meyakini bahwa tingkat pengangguran alamiah telah turun. Sebagian pujian dari perekonomian yang baik ini diberikan kepada Allan Greenspan dan rekan rekan kerjanya di bank sentral.
Tiga peristiwa yang menjadi penyebab pergeseran penawaran agregat yang menguntungkan:
1.     Penurunan harga komoditas.
2.     Perubahan-perubahan di pasar tenaga kerja
3.     Kemajuan Teknologi






Comments

Popular posts from this blog

MAKALAH HAJI

makalah "KEWIRAUSAHAAN DAN KEWIRAUSAHAAN DALAM ISLAM"