Resume "PRODUKSI DAN PERTUMBUHAN"



Nama      : Eri Ariantoro
NPM       : 14.0102.0081
 
PRODUKSI DAN PERTUMBUHAN
Dalam suatu negara, bahkan dapat terlihat perubahan standar hidup yang besar dalam kurun waktu tertentu. Pada hakikatnya rata-rata pertumbuhan ekonomi berbeda-beda tiap Negara.
PERTUMBUHAN EKONOMI DI BERBAGAI NEGARA
Produktivitas adalh sejumlah barang dan jasa yang dihasilkan setiap jam oleh seorang pekerja. standar hidup suatu negara ditentukan oleh produktivitas pekerjanya.
Negara-nrgara termiskin memiliki rata-rata tingkat mutu pendapatan yang belum pernah terlihat dibelahan dunia berkembang selama dekade terakhir
Mengapa Produktivitas sangat penting
Standar hidupnya tergantung pada kemampuan produktivitasnya. Produktivitas adalah jumlah barang dan jasa yang diperoduksi setiap jam dari waktu bekerja. Peran kunci produktivitas dalam menentukan tingkat standar hidup yang berlaku pada sebuah negara sama halnya seperti seorang pelaut
Bagaimana produktivitas ditentukan
1.     Modal fisik aadalah kelengkapan peralatan dan struktur yang digunakan untuk memproduksi barang dan jasa.
2.     Modal manusia adalah pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh pekerja melalui pendidikan, pelatihan, dan pengalaman.
3.     Sumber daya alam adalah masukan pada kegiatan produksi yang disediakan oleh alam seperti tanah , sungai, dan kandungan mineral.
4.     Penguasaan iptek adalah pemahaman masyarakat perihal cara terbaik untuk memproduksi barang dan jasa.
PERTUMBUHAN EKONOMI DAN KEBIJAKAN PUBLIK
Pentingnya tabungan dan investasi
Karena modal adalah penghasil faktor produksi, sebuah kelompok masyarakat dapat mengubah jumlah modal yang digunakan . investasi semakin banyak , maka pertumbuhan tinggi. mendorong peningkatan nilai tabungan dan investasi adalah salahsatu pemerintah untuk mendorong pertumbuhan dan dalam jangka panjang dapat meningkatkan standar hidup masyarakat.
Penurunan Perolehan Keuntungan dan Efek Pengejaran
Penurunan Perolehan Keuntungan : sifat yang menunjukkan penurunan keuntungan dari tambahan input seiring dengan peningkatan jumlah input.
Efek pengejaran yaitu efek yang memampukan negara-negar yang pada mulanya mikin cenderung tumbuh lebih cepat daripada negara-negara yang pada mulanya memang kaya. Seandainya investasi dalam negeri berkurang maka butuh investasi dari luar negeri.
Dalam jangka panjang, semakin tinggi tingkat tabungan menyebabkan semakin tinggi tingkat produktivitas dan pendapatan, tetapi tidak menyebabkan bertambahnya pertumbuhan untuk variable ini.
INVESTASI ASING
Investasi asing dilakukan dalam berbagai macam bentuk . investasi asing memiliki efek yang tidak sama dalam mengukur tingkat kesejahteraan ekonomi. Investasi asing adalah salah satu cara sebuah negara untuk dapat berkembang.
Investasi asing langsung : sebuah investasi modal yang dimiliki dan dikelola oleh pihak asing, sedangkan investasi yang dibiayai oleh pihak asing, tetapi dioperasikan oleh pihak domestic.
Pendidikan-investasi dalam sumber daya manusia – sama pentingnya dengan investasi pada modal fisik untuk keberhasilan perekonomian jangka panjang suatu Negara.
Masalah yang dihadapi oleh Negara miskin adalah kekosongan otak, yaitu berpindahnya kalangan pekerja terpelajar ke Negara kaya, dimana pekerja ini dapat menikmati standart hidup yang lebih tingggi.
Hak milik dan stabilitas Politik
Sebuah prasarat agar sistem harga dapat berjalan dengan baik adalah memberikan penghargaaan yang baik secara ekonomi untuk hak milik. Hak milik mengacu pada kemampuan masyarakat untuk meminta perhatian pemerintah terhadap sumber daya yang dimilikinya.
Perdagangan bebas
Jumlah perdagangan antar satu Negara dengan Negara lain tidak hanya ditentukan oleh kebijakan suatu pemerintah, tetapi juga oleh letak geografis. Negara-negara dengan letak yang strategis akan mengalami hubungan perdagangan yang baik dibandingkan dengan Negara terpencil.
Penelitian dan pengembangan





























Comments

Popular posts from this blog

MAKALAH HAJI

makalah "KEWIRAUSAHAAN DAN KEWIRAUSAHAAN DALAM ISLAM"