Resume "TABUNGAN, INVESTASI, DAN SISTEM KEUANGAN"




Nama      : Eri Ariantoro
NPM       : 14.0102.0081
TABUNGAN, INVESTASI, DAN SISTEM KEUANGAN
Sistem keuangan (financial system) kelompok institusi dalam perekonomian yang membantu dalam mencocokkan tabungan seseorang dengan investasi orang lainnya.
LEMBAGA-LEMBAGA KEUANGAN
Pasar Keuangan yaitu lembaga keuangan tempat di mana penabung dapat secara langsung menyediakan dana kepada peminjam.
Obligasi yaitu surat utang yang menyatakan kewajiban-kewajiban pihak peminjam kepada pihak pemegan obligasi tersebut.
Karakteristik obligasi yaitu
·         Jangka waktu-lamanya waktu hingga suatu obligasi jatuh tempo
·         Risiko kredit-kemungkinan bahwa pihak peminjam akan tidak sanggup membayar sebagian bunga atau utang pokok.
·         Perlauan pajak-cara undang-undang pajak memperlaukan bunga yang diperoleh dari obligasi.
Obligasi pemerintah daerah, pemilik obligasi ini tidak diwajibkan untuk membayar pajak penghasilan federal dari penghasilan bunganya
Pasar Saham yaitu hak atas kepemilikan sebagian dalam suatu perusahaan. Penjualan saham untuk mengumpulkan uang dinamakan dengan pembiayaan ekuitas, sedangkan penjualan obligasi disebut pembiayaan utang.
Bursa saham paling penting di Asia adalah Tokyo Stock Exchange, Stock Exchange of Singapore, dan Hong Kong Stock Exchange.
Lembaga-lembaga Perantara Keuangan yaitu lembaga keuangan tempat di mana penyimpan dapat secara tidak langsung menyediakan dan bagi peminjam.
Bank adalah perantara keuangan yang paling dikenal oleh masyarakat. Tugas utama sebuah bank adalah menerima tabungan dari orang-orang yang ingin menyimpan uang dan menggunakan tabungan tersebut untuk memberikan pinjaman kepada orang-orang yang ingin meminjam uang. Bank memfasilitasi pembelian barang dan jasa dengan mengizinkan orang-orang untuk menulis cek dari tabungan mereka. Alat tukar adalah barang yang dapat digunakan dengan mudah oleh orang-orang untuk terlibat dalam sebuah transaksi. Peran bank dalam menyediakan alat tukar membedakan bank dari banyak lembaga keungan lainnya.
Reksa Dana yaitu lembaga yang menjual saham kepada publik dan menggunakan hasilnya untuk membeli portofolio saham dan obligasi
TABUNGAN DAN INVESTASI DALAM PERHITUNGAN PENDAPATAN NASIONAL
Beberapa Identitas Penting
Igatlah bahwa PDB adalah pendapatan total dalam perekonomian dan pengeluaran total dari hasil barang dan jasa ekonomi. Jika PDB di tunjukkan dengan, (Y) Konsumsi ( C ), Investasi (I), belanja pemerintah (G) dan ekspor netto (NX) maka bisa diliskan seperti ini:
Y = C + I + G + NX
Karena perekonomian tertutup tidak terlibat dalam perdagangan internasional
Y = C + I + G
Untuk melihat apa yang ditunjukkan oleh identitas ini pada kita tentang pasar keuangan, kurangilah C dan G dari kedua sisi persamaan
Y – C – G = I
Sisi kiri persamaan ( Y – C – G ) adalah penghasilan total dalam perekonomian ini yang tersisa setelah dibayarkan untuk kosumsi dan pembelian yang dilakukan oleh pemerintah jumlah ini disebut dengan tabngan nasional atau cukup disebut dengan tabungan (saving), kita dapat menulis persamaan terakhir menjadi
S = I
S = Y – C – G
Atau
S = ( Y – T – C ) + ( T – G )
Tabungan swasta yaitu sisa penghasilan yang dimiliki oleh rumah tangga setelah membayar pajak dan konsumsi
Tabungan publik  yaitu sisa jumlah pemasukan pajak yang dimiliki oleh pemerintah setelah menggunakannya untuk keperluan belanja.
Surplus anggaran yaitu kelebihan pemasukan pajak setelah belanja yang dilakukan pemerintah.
Defisit anggaran yaitu kurangnya pemasukan pajak dibandingkan dengan belanja pemerintah
Pasar dana pinjaman yaitu pasar tempat dimana orang-orang yang ingin menyimpan memasok dana, sedangkan orang-orang yang ingin meminjam uang untuk investasi meminta dana.
Pembatasan paksa ( crowding out ) penurunan yang terjadi pada investasi yang diakibatja oelh pinjaman yang dilakukan pemerintah.
Ketika pemerintah mengurangi tabungan nasional dengan menjalankan deficit anggaran, suku bungan akan naik, sedangkan investasi akan jatuh.

Comments

Popular posts from this blog

MAKALAH HAJI

makalah "KEWIRAUSAHAAN DAN KEWIRAUSAHAAN DALAM ISLAM"