Resume "PERANGKAT-PERANGKAT DASAR DALAM KEUANGAN"




Nama      : Eri Ariantoro
NPM       : 14.0102.0081
 
PERANGKAT-PERANGKAT DASAR DALAM KEUANGAN
KEUANGAN (finance) adalah bidang ilmu yang mempelajari bagaimana orang membuat keputusan mengenai alokasi sumber daya dan menangani risiko.
NILAI MASA KINI : MENGUKUR NILAI WAKTU DARI UANG
Nilai masa kini (present value) jumlah uang saat ini yang akan diperlukan, dengan menggunakan tingkat bunga tetap, dengan jumlah uang pada masa depan.
Nilai masa depan (future value) jumlah uang pada masa depan yang akan dihasilkan dari uang pada masa sekarang, dengan tingkat bunga tetap.
Pemajemukan (compounding) akumulasi jumlah uang, misalnya, dalam rekening bank, dimana bunga yang diperoleh tetap dalam rekening tersebut untuk menghasilkan bunga tambahan pada masa depan.
Pertanyaan : jika anda menyimpan uang sebesar $100 di bank saat ini, berapa banyak jumlah uang anda pada tahun ke- N? Yaitu, apa yang akan menjadi nilai masa depandari $100?
Jawaban: mari kita gunakan r untuk menunjukkan tingkat suku bunga yang dituliskan dalam bentuk desimal (maka tingkat suku bunga 5 persen berarti r = 0,05). Misalkan bunga tersebut dibayarkan tahunan dan bahwa tingkat suku bunga tetap di rekening bank anda untuk memperoleh bunga lebih banyak-proses yang disebut denganpemajemukan. Dengan demikian, uang sebesar $100 tersebut akan menjadi…
(1 + r) x $100                                        setelah satutahun, 
(1 + r) x (1 + r) x $100                          setelah dua tahun,                                                                     (1 + r) x (1 + r) x (1 + r) x$100              setelah tiga tahun,…                                                               (1 + r) x $100                                      setelah N tahun,
Sebagai contoh, jika kita berinvestasi pada tingkat bunga sebesar 5 persen untuk 10 tahun maka nilai $100 pada masa depan adalah (1,05) x $100, sama dengan $163.
Karena tabungan memberikan bunga, jumlah uang saat ini lebih berharga dibandingkan dengan jumlah uang yang sama pada masa depan. Seseorang dapat membandingkan jumlah uang dari beberapa periode waktu yang berbeda dengan menggunakan konsep nilai masa kini. Nilai masa kini jumlah uang pada masa depan merupakan jumlah yang akan diperlukan pada saat ini, dengan tingkat bunga tetap, untuk menghasilkan jumlah uang pada masa depan.
Karena penurunan utilitas marginal, banyak orang yang menghindari risiko. Orang-orang yang menghindari risiko dapat mengurangi risiko menggunakan asuransi, diversivikasi, dan dengan memilih portofolio yang memiliki risiko dan keuntungan lebih rendah.
Mengelola risiko
Penghindaran risiko (risk averse) menunjukkan ketikdaksukaan pada ketidakjelasan.
Pasar Asuransi salah satu untuk menghindari dari risiko adalah dengan member asuransi.
Diversifikasi risiko idiosinkratik.
Diversifikasi (diversification ) pengurangan risiko yang dilakukan dengan menukarkan risiko tunggal dengan jumlah risiko yang tidak berhubungan dalam jumlah besar.
Risiko idonsinkratik (idionsycratic) risiko hanya memengaruhi satu pelaku ekonomi.
Risiko Agregat (aggregate risk ) risiko yang memenuhi seluruh pelaku ekonomi.
Analisi fundamental (fundamental analysis) studi tentang laporkan akuntansi perusahaan dan prospek masa depan untuk menentukan nilainya.Tugas analisi fundamental adalah untuk memasukkan factor-faktor yang mempengaruhi kesempatan memperoleh keuntungan kedalam pertimbangan guna menentukan berapa banyak saham yang berharga.
Hipotesis yang efisien yaitu teori yangmenyatakan bahwa harga asset menggambarkan seluruh informasi yang tersedia pada public mengenai nilai asset.
Efsien dalam informasi yaitu mengambarkan seluruh informasi yang tersedia dalam cara rasional. Harga-harga saham berubah ketika informasi berubah. Berita baik mengenai prospek perusahaan akan menyebabkan nilai dan harga saham sama-sama naik namun ketika prospek perusahaan turun nilai dan harga saham ikut turun.
Implikasi hipotesisi pasar yang efisien adalah bahwa harga-harga saham harus mengikuti jejak acak (random walk) yaitu jejak suatu variable yang perubahanya tidak mungkin untuk diprediksi.
Nilai aset, seperti saham, setara dengan nilai masa kini arus kas yang akan pemilik saham terima, termasuk arus dividen dan harga jual akhir. Menurut hipotesis pasar efisien, pasar keuangan memproses informasi yang tersedia secara rasional sehingga harga saham selalu setara dengan estimasi terbaik dari bisnisnya. Namun, beberapa pakar ekonomi mempertanyakan hipotesis pasar efisien dan percaya bahwa faktor-faktor psikologis yang irasional juga memengaruhi harga aset.
Meskipun sebagian besar perangkat keuangan ini terbangun dengan baik, ada banyak kontroversi mengenai kontroversi mengenai validitas hipotesis pasar efisien dan apakah harga-harga saham, dalam praktiknya, cukup rasional dalam memperkirakan nilai nyata sebuah perusahaan. Rasional atau tidak, pergerakan yang besar dalam harga saham yang kita amati memiliki akibat ekonomi makro yang penting. Fluktuasi pasar saham sering terjadi beriringan dengan fluktuasi ekonomi secara lebih luas. Kita akan melihat kembali  pasar saham ketika nanti kita mempelajari fluktuasi ekonomi.

Comments

Popular posts from this blog

MAKALAH HAJI

makalah "KEWIRAUSAHAAN DAN KEWIRAUSAHAAN DALAM ISLAM"