Resume "Permintaan Agregat dan Penawaran Agregat"



Nama    : Eri Ariantoro
NPM      :14.0102.0081
Permintaan Agregat dan Penawaran Agregat
Resesi adalah periode penurunan PDB riil, turunnya pendapatan, dan meningkatnya pengangguran.
Depresi adalah suatu resesi parah.
Tiga Fakta Penting Tentang Fluktuasi Ekonomi
·         Ekonomi yang tidak teratur dan tidak dapat diprediksi. Fluktuasi ekonomi sering disebut siklus bisnis.
·         Sebagian besar variabel makroekonomi berfluktuasi bersama-sama.
·         Saat hasil produksi turun, tingkat pengangguran naik.
Sebagian besar ekonom percaya bahwa teori klasik menggambarkan dunia dalam jangka
panjang tetapi tidak dalam jangka pendek.
Perubahan jumlah uang beredar mempengaruhi harga dan variabel nominal lain tetapi tidak mempengaruhi PDB Riil, pengangguran, atau variabel riil lainya.
Model Dasar Fluktuasi Ekonomi
Model fluktuasi jangka pendek terfokus pada perilaku dua variabel:
·         Hasil perekonomian barang dan jasa diukur dengan PDB riil.
·         Tingkat keseluruhan harga yang diukur oleh IHK atau deflator GDP.
Menganalisis fluktuasi-fluktuasi dalam perekonomiansecara keseluruhan menggunakan model permintaan dan penawaran agregat (model of aggregate demand and aggregate supply) adalah model yang banyak digunakan oleh ekonom untuk menjelaskan fluktuasi jangka pendek dalam aktivitas perekonomian selama kecenderungan jangka panjangnya. Dalam sebuah kuva sumbu vertical menunjukan tingkat harga keseluruhan dalam perekonomian .Sementara itu,sumbu horizontal menunjukan jumlah barang dan jasa secara keseluruhan. Kurva permintaan agregat (aggregate demand curve) menunjukan jumlah barang dan jasa yang dinginkan oleh rumah tangga,perusahaan,dan pemerintah pada tingkat harga tertentu. Kurva penewaran agregat (aggregate supply curve) kurva yang menunjukan jumlah barang dan jasa yang dipilih oleh perusahaan untuk diproduksi dan dijual pada tingkat harga tertentu.
Kurva Permintaan Agregat
Mengapa Kurva Permintaan Agregat Miring ke Bawah
Empat komponen GDP (Y) berkontribusi pada permintaan agregat untuk barang dan jasa.
Y = C + I + G + NX

 


Mengapa Kurva Permintaan Agregat Apakah Miring Downward
1.     Tingkat Harga dan Konsumsi :Efek Kekayaan
Penurunan tingkat harga membuat konsumsi lebih banyak yang selanjutnya mendorong mereka untuk menghabiskan dalam jumlah uang lebih banyak.Peningkatan belanja konsumsi berarti bertambahnya jumlahpermintaan barang dan jasa.
2.     Tingkat Harga dan Investasi : Efek Suku Bunga
Tingkat harga yang lebih rendah menurunkan tingkat suku bunga dan mendorong lebih besar belanja pada barang investasi sehingga meningkatkan jumlah permintaan barang dan jasa.
3.     Tingkat Harga dan Ekspor Neto : Efek Niai Tukar
Jatuhnya tingkat harga domestic menyebabkan tingkat suku bunga domestic turun,terdepresiasinya nilai tukar riil yang kemudian mendorong ekspor neto domestic dan meningkatkan jumlah barang dan jasa.
Mengapa Kurva Permintaan Agregat Dapat Bereser
kejadian yang menggeser permintaan agregat dapat dikelompokkan menurut komponen belanja yang paling memengaruhi secara langsung.
1.     Pergeseran yang Timbul dari Konsumsi
2.     Pergeseran yang Timbul dari Investasi
3.     Pergeseran yang Timbul dari Belanja Pemerintah
4.     Pergeseran yang Timbul dari Ekspor Neto
Kurva Penawaran Agregat
Kurva penawaran agregat menyatakan jumlah keseluruhan barang dan jasa yang diproduksi oleh perusahaan dan dijualpada tingkat harga tertentu.Pada kondisi jangka panjang,kurva penawaran agregat besifat vertical,sedangkan pada kondisi jangka pendek,kurva penawaran agregat miring ke atas.
Mengapa Kurva Penawaran Agregat Jangka Panjang Bentuknya Vertikal
Dalam jangka panjang,,produksi barang dan jasa ekonomi (PDB riilnya) bergantung pada penawaran tenaga kerja,modal,dan sumber daya alam,serta pada penguasaan teknologi yang digunakan untuk mengubah factor-faktor produksi tersebut menjadi barang dan jasa.
Mengapa Kurva Penawaran Agregat Jangka Panjang Dapat Bergeser
Posisi kurva penawaran agregat jangka panjang menunjukkan jumlah barang dan jasa yang diperkirakan oleh teori ekonomi makro. Tingkat produksi ini sering disebut dengan output potensial atau output alamiah karena menunjukan apa yang dihasilkan dalam ekonomi ketika pengangguran pada kondisi tingkat alamiahnya atau normal. dan tingkat output alamiah adalah tingkat produksi yang akan terjadi dalam perekonomian jangka panjang.Sebagai pergeseran yang berasal dari sumber-sumber berikut:
·         Pergeseran yang berasal dari Tenaga Kerja.
·         Pergesaran yang Berasal dari Modal
·         Pergeseran yang Berasal dari Sumber Daya Alam
·         Pergeseran yang Berasal dari Pengetahuan Teknologi
Suatu Cara Baru Untuk Menggambarkan Pertumbuhan dan Inflasi Jangka Panjang
Fluktuasi jangka pendek dalam output dan tingkat harga harus dilihat sebagai penyimpangan-penyimpangan dari kecenderungan jangka panjang yang berkelanjutan.
Mengapa Kurva Penawaran Agregat Jangka Pendek Miring ke Atas
Yang menyebabkan hubungan positif antara tingkat harga dan output ini yaitu juka ekonomi makro telah mengemukakan tiga teori yang menjelaskan tentang kurva penawaran agregat jangka pendek miring ke atas
1.     Teori Kekuatan Upah
2.     Teori Kekakuan Harga
3.     Teori Kesalahan Persepsi
Dua Penyebab Fluktuasi Ekonomi
Dampak Pergeseran Permintaan Agregat
Tentang pergeseran pada permintaan agregat ini memiliki dua hal yang dapat diambil yaitu
·         Dalam jangka pendek,Pergeseran-pergesaran pada permintaan agregat menyebabkan fluktuasi pada output barang dan jasa dalam perekonomian.
·         Dalam jangka panjang,pergeseran pada permintaan agregat memengaruhi keseluruhan tingkat harga,tetapi tidak memengaruhi output.
Dampak Pergeseran Penawaran Agregat
Tentang pergeseran pada penawaranagregat ini memiliki dua hal yang dapat diambil,yaitu:
·         Pergeseran-pergeseran padapenawaran agregat dapat menyebabkan stagflasi (periode merosotnya output dan naiknya harga-harga)
·         Para pembuat kebijakan yang dapat memengaruhi permintaan agregat tidak dapat menyeimbangi kedua dampakyang berlawanan ini secara bersamaan

Comments

  1. terimakasih banyak gan... saya sudah berkali-kali berkunjung ke blog ini, karena berkali-kali saya temukan tugas resume yang selalu cocok dg kebutuhan saya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Kalau Boleh Menyarankan Sebaiknya Anda Juga Bikin Blog dan Mempblikasikan Tulisan Atau Tugas Tugas Anda. Biar Jadi Referensi. Dengan Begitu Kita Bisa Terus Berbagi. Salam

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

MAKALAH HAJI

makalah "KEWIRAUSAHAAN DAN KEWIRAUSAHAAN DALAM ISLAM"